Tips Memanfaatkan Layanan Cloud Untuk Penyimpanan Data Yang Aman

0
Gambar - pcmag.com

Tips Memanfaatkan Layanan Cloud Untuk Penyimpanan Data Yang Aman

Di jaman serba modern ini, pentingnya bagi kita untuk menjaga setiap data yang ada di gadget membuat kita memutar ulang otak kita karena setiap data yang kita simpan di HP harus kita pindahkan ke Laptop terus menerus.

Belum lagi kita direpotkan dengan masalah pada laptop atau PC yang sering crash atau hang atau yang cukup merepotkan adalah kebedaran virus dan malware yang mengancam data-data kita dan jalan terakhir adalah dengan cara menginstal ulang PC kita. Sedangkan kita sendiri belum sempat membackup data penting yang ada di PC kita.

Sungguh merepotkan bukan? Apalagi jika ada data kantor, data kuliah ataupun data pribadi yang amat sangat penting pastinya kita bakalan sangat-sangat kecewa karena tidak sempat menyelamatkan data tersebut.

Namun jangan khawatir karena saat ini sudah banyak sekali layanan cloud yang sangat mumpuni dan tentunya gratis.

Sebenarnya layanan cloud sendiri sudah ada sejak lama tapi kesadaran untuk membackup data penting baru disadari saat ini. Kesadaran tersebut mungkin timbul karena ketakutan akan virus yang selalu mengeksekusi data-data kita.

Nah kali ini saya akan membagikan tips memanfaatkan layanan cloud dengan baik.
Yah sebelum mengupload file-file agan ada baiknya melakukan hal ini terlebih dahulu.

  1. Pisahkan antara data penting dan data biasa jadikan satu folder misalnya diberi nama “Data pribadi”
  2. Pisahkan file photo yang berharga dan photo biasa dan jadikan satu folder juga.
  3. Untuk video usahakan yang diupload bukanlah file film tapi video pribadi, karena file film biasanya berukuran besar dan megandung hak cipta karena itu sangat berbahaya menyimpan film di cloud.
  4. Usahakan jangan mengupload banyak file dalam sehari, jika memang file yang agan akan upload sangat besar dan banyak usahakan untuk membagi dalam beberapa hari.
  5. Jika file yang akan diupload sangat besar usahakan untuk tidak memakai jaringan pribadi, karena akan memakan sangat banyak kuota data. Lebih baik memakai jaringan public wifi, seperti wifi.id misalnya.
  6.  Jika ada aplikasi clientnya lebih baik memakai aplikasi client karena lebih terorganisir dan tidak merepotkan. Dan,
  7. Pakai cloud service yang terpercaya bukan layanan sharing tapi cloud pribadi.

Dan setelah memahami ketujuh hal tersebut ada naiknya untuk menggunakan layanan cloud yang saya rekomendasikan. Karena diperhitungkan dari segi keamanannya, time spacenya dan juga keflesibelannya.

Tips Memanfaatkan Layanan Cloud Untuk Penyimpanan Data Yang Aman

1. Dropbox

Tips Memanfaatkan Layanan Cloud

Salah satu layanan yang terlama dan paling bisa diandalkan, kemudahan dalam penggunannya dan fitur editor dokumen merupakan yang paling diunggulkan serta mendukung banyak sekali platform hampir semua platform didukung oleh dropbox.

Saat pertama kali mendaftar agan akan mendapat penyimpanan sebesar 2 GB. Kecil? Cukup kecil memang tapi tidak usah khawatir agan dapat mendapatkan space sebesar 8 GB jika agan mengundang teman agan untuk memakai dropbox. Tidak hanya itu di dropbox versi terbaru terdapat banyak perubahan termasuk editor foto.

 

2. Microsoft Onedrive

Tips Memanfaatkan Layanan Cloud

Yah sebagai salah satu perusahaan yang menguasai PC diseluruh dunia, Microsoft juga mempunyi layanan cloud yang cukup bisa diandalkan. Dari awalnya layanan mereka adalah Skydrive kemudian berganti nama menjadi Onedrive.

Onedrive mempunyai fitur yang hampir sama dengan Dropbox karena kita dapat mengedit dokumen secara langsung saat online tanpa membutuhkan tambahan aplikasi. Saat pertama kali mendaftar agan akan mendapat space sebesar 15 GB cukup besar untuk sebuah penyimpanan cloud. Satu hal yang paling unggul dari onedrive adalah layanan cloud onedrive langsung terhubung dengan Office 365 sehingga akan memudahkan agan untuk mengaksesnya.

Kelebihan dari Onedrive adalah otomatis tersinkron dengan perangkat windows baik PC maupun mobile. Onedrive juga menyediakan aplikasi di Android dan iOS sehingga lebih mudah untuk tersingkron dengan device apapun yang agan miliki.

3. Google Drive

Tips Memanfaatkan Layanan Cloud

Dan rival dari kedua layanan diatas adalah Google Drive, memang layanan yang diluncurkan masih tergolong baru. Google Drive awalnya hanyalah sebuah ekstensi penyimpanan yang ditawarkan oleh Google Docs (Aplikasi cloud pengedit dokumen). Namun setelah Google menyadari pentingnya layanan cloud maka Google memisahkan antara cloud dan docs tapi masih tetap terhubung dan jadilah Google Drive.

Google Drive menawarkan kapasitas penyimpanan sebesr 15 GB secara gratis dan dapat ditambah dengan mengupgradenya. Sayangnya untuk aplikasi client Google Drive hanya tersedia untuk Android, iOS dan Chromebook saja.

 

4. Box

Tips Memanfaatkan Layanan Cloud

Perusahaan pesaing Dropbox ini menawarkan penyimpanan 5 kali lebih besar dari Dropbox. Box juga sudah diakui oleh beberapa perusahaan besar yang menggunakan layanan mereka. Keandalan serta keamanan Box sudah tidak diragukan lagi serta tersedia di berbagai Aplikasi client.

Namun satu kelemahan Box adalah layanan gratisnya membatasi ukuran 250 MB perupload tapi jika agan ingin mengupload lebih besar agan bisa mengupgradenya terlebih dahulu.

5. Mega

Tips Memanfaatkan Layanan Cloud

Mega merupakan revolusi dari situs cloud Megaupload yang telah ditutup oleh pemerintah Amerika karena menyalahi aturan privasi dan tindakan kriminal. Mega berdiri di atas domain .co.nz yang merupakan domain spesifik New Zealand.

Mega didirikan dengan sistem keamanan yang lebih mutakhir dan terbaru dengan engenkripsi seluruh file yang diupload sehingga tidak ada pihak luar yang bisa meretas ataupun menyerang file tersebut. Boleh dibilang Mega merupakan file hosting dengan sistem keamanan yang paling tangguh jauh mengungguli layanan cloud lain.

Selain itu layanan gratis Mega juga menyuguhi dengan kapasitas sebesar 50 GB dan merupakan layanan cloud yang menawarkan penyimpanan paling besar sampai saat ini. Tidak hanya itu Mega juga mempunyai aplikasi client di hampir semua platform seperti Dropbox.

OK itulah sedikit Tips Memanfaatkan Layanan Cloud Untuk Penyimpanan Data Yang Aman, sekian postingan saya semoga bermanfaat dan terima kasih.

Dari Sponsor