Deep Review Microsoft Edge Android, Fitur, Performa, Experience dan Cara Downloadnya

0
Review Microsoft Edge Android, Fitur, Performa, Experience

Lifetekno. Browser Microsoft Edge akhirnya dilepas di Android dalam status preview. Microsoft Edge hadir membawa engine buatan Microsoft yaitu Edge engine sebagai mesin utama untuk mentenagai browser andalan Microsoft ini.

Dirilis sebagai versi preview tentunya kita belum bisa berharap banyak dengan beberapa fitur yang ada. Dan saya akan mencoba mengulas secara mendalam berbagai fitur hingga User Experience yang ditawarkan Microsoft Edge Preview ini.

Kami akan membagi kedalam beberapa segmen yaitu Tampilan, Fitur, Performa dan User Experience. Bagaimana ulasannya? Yuk cekidot!

BACA JUGA:  Inilah Alasan Kenapa Microsoft Membunuh Windows 10 Mobile

Tampilan

New Tab Page

Review Microsoft Edge Android, Fitur, Performa, Experience

Pertama kali membuka Browser Microsoft Edge di Android kita akan disuguhkan dengan tampilan New Tab yang sangat simpel. Hanya ada Url box yang sekaligus bisa digunakan sebagai pencarian dengan tombol voice search dan QR scanner. Dibawahnya terdapat barisan icon yang akan menampilkan situs yang baru-baru ini kamu kunjungi. Dan bagian atas Url box terdapat logo Microsoft yang cukup besar.

Namun bukan Edge namanya kalau tidak menampilkan ciri khasnya. Yap apalagi kalau tidak News & Feed. Microsoft Edge di Android juga terdapat fitur News & Feed yang biasa kita temukan di Edge desktop. Untuk mengakses News & feed dari Edge di Android cukup usapkan jari keatas maka kamu akan melihat semua berita & umpan khas Microsoft Edge. Namun sayangnya saat ini News & Feed hanya mendukung berita untuk region US saja.

Control Bar

Microsoft Edge Android Menu

Untuk menambahkan tab baru kamu cukup tekan tab icon hingga tab icon page terbuka. Disini kamu bisa menambahkan tab baru dan melihat semua tab yang terbuka. Atau jika kamu ingin kamu juga bisa menggunakan fitur inPrivate Browsing, atau istilah lainnya incognito browsing.

Disamping menu tab terdapat Settings and more untuk melihat semua pengaturan browser dan akun tersingkron. Tapi jujur sebagai browser mobile kamu tidak bisa berharap banyak adanya opsi pengaturan seperti di Edge desktop. Tapi setidaknya di settings terdapat opsi untuk memilih pencarian default.

Dibagian tengah control bar terdapat menu yang cukup menarik perhatian saya. Yaitu adalah fitur dimana kamu bisa meneruskan tab terbuka kamu ke PC atau device lain dengan sangat mudah. Cukup pilih device yang terhubung dengan akun kamu.

HUB

Edge HUB pada Desktop

Pada sisi kanan atas kamu akan menemukan tombol yang serupa dengan tombol di Microsoft Edge desktop. Yap tombol tersebut adalah HUB. DIsinilah kamu bisa menemukan bookmark, history browsing, unduhan, reading list hingga book.

HUB menu Microsoft Edge Android

Secara default Edge tidak dapat mengenali theme color dari setiap situs. Namun kamu tetap bisa memunculkan theme color dari pengaturan tampilan di settings.

Secara keseluruhan tampilan Microsoft Edge Android terbilang hampir mirip dengan Google Chrome Android. Url box yang sekaligus jadi pencarian + voice search, tampilan new tab page yang sekilas sangat mirip dengan Google Chrome.

Itu tampilannya, bagaimana dengan fitur-fitur Microsoft Edge yang ada? Yuk simak dibawah ini.

BACA JUGA:  Microsoft Umumkan Edge dan Microsoft Launcher Untuk Android dan iOS

Fitur

Browser Microsoft Edge boleh percaya boleh tidak adalah browser pertama dengan fitur bawaan yang paling lengkap dari kesemua browser desktop yang ada. Seperti fitur reading mode, note taking, reading list, epub reader hingga feed and news reader yang sangat bermanfaat.

Reading Mode

Microsoft Edge Reading Mode

Reading mode adalah fitur yang sangat populer digunakan oleh pengguna Edge desktop. Dan kabar baiknya reading mode juga hadir di Microsoft Android. Reading mode adalah fitur dimana Edge membuang semua elemen web yang disisakan hanyalah konten yang berupa artikel. Fitur ini sangat bermanfaat sekali jika kita hanya ingin fokus artikelnya saja.

Save to Reading List

Microsoft Edge Android HUB

Save to reading list adalah fitur bawaan Microsoft Edge desktop yang cukup membantu kita jika kita sedang mencari artikel namun ingin kita baca nanti. Di Microsoft Edge Android, fitur ini juga hadir secara eksklusif di HUB menu. Kita bisa membaca artikel nanti walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.

InPrivate Browsing

InPrivate browsing adalah fitur dimana cookie, history dan cache tidak digunakan. Dan satu lagi website tidak bisa melakukan tracking dari cookie sehingga inPrivate browsing benar-benar aman dari gangguan privasi. InPrivate browsing pada browser lain disebut Incognito Browsing atau mode penyamaran. Pada Microsoft edge Android, InPrivate Browsing dapat kamu aktifkan dari menu tabs page dan pilih InPrivate Browsing.

Theme Color

Tidak seperti di Google Chrome, di Microsoft Edge Android Theme color bisa kamu aktifkan dan nonaktifkan secara manual di menu pengaturan. Theme color adalah fitur yang memungkinkan browser akan menggunakan palet warna secara otomatis yang sudah ditetapkan website. Tidak hanya itu dengan mengaktifkan Theme color juga akan mempercantik tampilan browser agar menyatu dengan website. Namun tidak semua website akan menampilkan warna yang berbeda tergantung website yang kamu kunjungi apakah sudah diterapkan theme color atau tidak.

BACA JUGA:  Super Mario Run Force Close? Ini Cara Mengatasinya

Continue to Other Device

Continue to other device adalah salah satu fitur favorit saya di Edge. Sebetulnya fitur continue to other device ini tidak harus digunakan di Edge Android. Karena dibrowser lainpun seperti Chrome, Opera mini ataupun browser lain bisa menggunakan fitur ini. Tapi syaratnya adalah kamu harus menginstall salah satu service apps Microsoft seperti Microsoft Launcher, Microsoft Apps, ataupun Office Mobile. Sekali kamu mengaktifkan fitur ini, tab yang aktif akan langsung terbuka di device yang kamu pilih. Continue hanya dapat digunakan jika akun yang kamu gunakan di perangkat lain sama dengan akun yang kamu gunakan di Edge Browser Android.

Feed & News

Kebanyakan Browser tidak dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Yup, Google Chrome walaupun mereka menyertakan feed pada browser mereka tapi hanya pada Google Chrome mobile. Sedangkan untuk Google Chrome desktop tidak mempunyai fitur ini. Hal ini berbeda dengan Microsoft Edge baik versi desktop ataupun versi mobile sama-sama mempunyai fitur Feed & News. Dengan adanya fitur Feed & News ini memudahkan kamu untuk memperoleh informasi lebih cepat dan praktis. Namun sayangnya untuk Microsoft Edge Android belum bisa memilih channel berita seperti pada Edge di desktop. Namun kedepannya mungkin kita bisa mengkostum berita dan memilih channel negara.

Dari sekian banyak fitur itu semua adalah fitur bawaan pada Microsoft Edge Mobile. Namun bagaimana dengan performa yang ditawarkannya? Yuk simak lagi dibawah ini.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Serangan Krack di Windows, Android dan Linux

Performa

Jangan terlalu berharap dulu dengan Browser yang masih berstatus preview ini. Ketika saya coba masih banyak sekali permasalahan yang terjadi. Diantaranya adalah masalah performa yang sangat terasa ketika saat browsing.

Beberapa masalah performa yang saya temui ketika menggunakan Edge Android adalah:

  • Membuat halaman pada tab baru terjadi delay beberapa saat. (Hal ini sama seperti pada Edge dekstop di Creator Update kebawah dimana browser tidak langsung merespon tindakan untuk membuka halaman web).
  • Saat melakukan scrolling di website masih terasa kurang smooth. Disini screen tearing sangat terasa sehingga membuat experience terasa terganggu. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengaktifkan mode baca.
  • Beberapa script dirender sangat lambat, sehingga membuat kesan loading website terasa begitu lama.
  • Performa masih kurang terasa maksimal. Pada saat membuka beberapa menu ataupun tab ada sedikit jeda waktu dan kadang telat terbuka.

Namun walaupun banyak sekali masalah performa yang terjadi, Edge masih sangat handal dalam melakukan managemen RAM. Bisa dikatakan Microsoft Edge Android tidak begitu makan banyak resource. Sehingga walaupun dijalankan di Android dengan RAM kecil masih bisa berjalan dengan baik.

Setelah mengetahui hal tersebut bagaimana User Experience yang ditawarkan Microsoft Edge di Android?

User Experience

Berdasarkan pengalaman saya, Microsoft telah menghadirkan yang terbaik dengan Microsoft Edge di Android. Browser yang satu ini patut diacungi jempol karena memiliki banyak fitur yag cukup bermanfaat dan memudahkan penggunanya.

Reading Mode adalah nilai plus yang ditawarkan di Browser Android. Karena kita hanya fokus membaca ke konten dan menghilangkan semua elemen website. Terasa seperti membaca sebuah ebook ketimbang membaca artikel di website. Selain itu kamu juga bisa menyimpan website untuk kamu baca nanti. Dengan adanya fitur reading list adalah nilai tambah karena ini adalah fitur bawaan browser. Jadi kamu tetap bisa mengakses website yang kamu simpan walaupun sedang offline.

Dan yang paling saya suka adalah fitur Continue to other device yang membuat kita begitu nyaman dan mudah jika ingin berpindah dari mobile ke Laptop ataupun perangkat lain.

BACA JUGA:  Aplikasi keren yang membuat Android kamu boros baterai

Download Microsoft Edge Android Preview untuk Android

Sudahkah kamu menginstall Android di Android kamu? Bagaimana menurutmu? Apakah Edge bisa jadi browser yang potensial di Android? Lalu fitur apa yang menurutmu paling bagus dan kamu sukai? Share pengalamanmu disini!

Dari Sponsor