Microsoft Umumkan Edge dan Microsoft Launcher Untuk Android dan iOS

0
Review Microsoft Edge Android, Fitur, Performa, Experience

Lifetekno. Hari ini, atau tepatnya kemarin Microsoft mengumumkan sesuatu yang sangat mengembirakan bagi mobile User, tepatnya Android dan iOS.

ekosistem microsoft akan mendominasi aplikasi android & Ios

Perubahan Misi Microsoft untuk Android dan iOS

Microsoft telah kita ketahui ikut bertarung di pasar Mobile dengan Windows 10 mobile. Namun apalah daya Kerajaan Microsoft tidak begitu banyak menarik minat karena semua pasar telah direbut oleh Android dan iOS. Namun Microsoft setidaknya masih bertengger di peringkat ke-3 bukan?

Tapi tunggu dulu, walaupun Windows 10 Mobile dan gabungan dengan WIndows Phone tampaknya market yang didapat hanya 1.9%. Sangat sedikit bahkan untuk skala global. Perlahan tapi pasti Microsoft sepertinya akan segera mengakhiri perangnya di market mobile. Ini dibuktikan dengan dihentikannya dukungan upgrade untuk smartphone WIndows Phone 8.1 ke Windows 10.

BACA JUGA:  Super Mario Run Force Close? Ini Cara Mengatasinya

Namun sebagai raksasa teknologi tentu mereka tidak akan diam saja meratapi market yang terus menerus digerogoti OS tetangga. Oleh karena itu Microsoft mencoba peruntungan untuk mendominasi pasar bukan di sektor Mobile-nya. Melainkan di sektor ekosistem dari OS tetangga.

Di saat Android dan iOS sedang berperang memperebutkan hati para fans-nya begitu juga banyak developer berbondong-bondong terjun untuk meramaikan Android dan iOS. Baik aplikasi browser, media social, photo editing dll. Ternyata ada celah yang mana Android dan iOS belum mampu disebut sebagai OS yang produktif.

Dengan memanfaatkan eksistensi produk Microsoft Office di PC untuk menjalankan pekerjaan mereka. Akhirnya Microsoft Office berhasil dibawa ke Android dan iOS. Tentu saja ini membawa dampak buruk bagi pengembang office yang sudah dulu ada di Android.

Konsep Office 365 yang ditawarkan Microsoft dengan mengedepankan layanan Cloud. Dan hebatnya layanan cloud ini juga diterapkan di Office Mobile. Mengerjakan apapun dapat lebih mudah walaupun tidak sedang didepan PC pribadi. Dan dapat dikerjakan di manapun tanpa batasan. Walaupun tanpa Office sekalipun dalam hal ini melalui Web browser.

Hal inilah yang membuat banyak pengembang harus memutar otak mereka agar Aplikasi mereka juga disukai oleh banyak orang. Hasilnya merekapun menggunakan strategi yang sama, dengan menghadirkan layanan cloud dan aplikasi pendukung lain.

BACA JUGA:  Aplikasi keren yang membuat Android kamu boros baterai

Apakah sudah itu saja?

Belum… Masih ada lagi Microsoft akhirnya memperkenalkan cara baru untuk browsing dengan menghadirkan Microsoft Edge di Android dan iOS. Kedua aplikasi ini telah dirilis kemarin tepatnya Kamis 5 Oktober.

Kedua aplikasi ini sepertinya akan menjadi amunisi baru Microsoft untuk lebih mendekatkan Edge dengan Android. Dimana saat ini Google Chrome adalah browser yang paling mendominasi Windows.

Microsoft Edge untuk Android dan iOS

Source: Windows Blogs

Bukan Microsoft namanya jika hanya sekedar menghadirkan sesuatu tanpa ada maksud terterntu. Yap, Microsoft menghadirkan Edge di Android dan iOS bertujuan agar bisa berkolaborasi dengan baik dengan Windows 10. Fitur terbaru dan menjadi andalan di Edge yang bakal dihadirkan di Windows 10 Fall Creator Update ini adalah Continue work on.

Yes, fitur tersebut memungkinkan kamu meneruskan tab yang ada di Edge PC untuk dibuka di Edge Android dan iOS. Begitupun sebaliknya. Bukan hanya itu saja seluruh fitur Edge yang ada di Windows 10 akan dibawa ke Edge Android dan iOS kecuali hanya ekstensi saja yang absen.

Untuk mendapatkan Microsoft Edge di Android dan iOS kamu, bisa mengunjungi situs berikut untuk melakukan pendaftaran. Untuk iPhone sendiri bisa menginstall Microsoft Edge melalui Apple Testflight untuk mendapatkannya Edge. Sedangkan untuk Android kamu bisa mengunjungi situs berikut untuk mendaftar menggunakan akun insider.

Sementara ini, preview hanya tersedia di US saja. Namun untuk Android kamu bisa mencobanya walaupun di luar US.

BACA JUGA:  Inilah Fitur Browser Paling Canggih Microsoft Edge di Windows 10

Microsoft Launcher untuk Android

Kejutan menarik lainnya dari Microsoft untuk Android adalah hadirnya Launcher baru Microsoft untuk Menggantikan Arrow Launcher. Yup, Microsoft Launcher yang saat ini masih berstatus preview bisa diinstal langsung dari Google Play Store.

Launcher ini berfokus pada kemudahan produktifitas antara Windows 10 dan Android semakin menyatu. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya fitur feed dimana terdapat calender, document hingga to-do yang semuanya terhubung dengan akun Microsoft kamu. Sehingga kamu dapat mudah mengakses setiap file, catatan, foto hingga dokumen dari Windows 10 langsung diakses dari Android. Belum lagi Microsoft Launcher mempunyai kostumasi yang cukup menarik dibandingkan Arrow Launcher.

Walaupun Microsoft launcher masih berstatus preview, namun fitur dan experience yang ditawarkan tidaklah mengecewakan. Jika sebelumnya kamu sudah pernah menggunakan Arrow Launcher kamu tidak akan kesulitan untuk menggunakan Microsoft Launcher. Karena interface yang ditawarkan hampir sama dengan arrow.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Serangan Krack di Windows, Android dan Linux

Kesimpulan

Dominasi aplikasi microsoft di Android dan iOS merupakan salah satu strategi yang dijalankan Microsoft. Karena Microsoft selalu gagal bersaing dengan Android dan iOS di sektor mobile. Oleh karena itu bersaing di dalam Android dan iOS adalah peluang terbesar Microsoft.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah mencoba Microsoft launcher? Share pengalaman kamu dikomentar ya gaes!

Dari Sponsor