Cara Mengatasi Waktu Yang Salah di Windows Setelah Boot dari Linux Ubuntu

0

Lifetekno. Genap 2 Minggu saya menggunakan Linux dan selama masa percobaan tersebut hampir tidak pernah boot ke Windows. Oleh karena itu saya mohon maaf karena tidak mengisi artikel tentang Windows selama beberapa waktu ini.

Tapi tenang saja, kami gak pindah haluan ke Linux kok gaes. Malahan Lifetekno akan menambah satu segmen pembahasan tentang Linux dan dunia open source. [Welcome Open Source]

Kemarin tepatnya saat sudah boot ke Windows, setelah beberapa hari saya baru nyadar jika Waktu (jam & tanggal) saya salah sodara-sodara. Waktu di Windows saya tidak dapat secara otomatis menyesuaikan waktu dengan sistem UEFI saya.

Pada tanggal sendiri memang sudah sesuai, namun untuk jam nya yang keliru. Saya coba restart lagi ke Windows, waktu yang sudah saya set sudah sesuai dan sudah benar. Tapi ketika saya boot ke Linux dan kemudian switch ke Windows 10. Waktu yang tadinya sudah saya set dengan benar kini kembali salah lagi.

BACA JUGA:  Cara instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

Dan, dari situ saya berasumsi jika sepertinya WIndows tidak bisa menggunakan sistem waktu UTC dari BIOS karena Linux secara default mengset Hardware RTC (Real TIme Clock) di UTC. Sedangkan pada Windows sendiri menggunakan Local time untuk konfigurasi waktunya. Dan hal ini tentu saja menjadi konflik dari dual OS.

Dan untuk mengatasi perbedaan waktu yang salah di Windows Setelah Boot dari Linux adalah menjadikan Linux menggunakan Local time dan membuat Windows menggunakan UTC. Atau sebaliknya Windows menggunakan Local time dan Linux menggunakan UTC.

Cara ini dapat kamu terapkan pada Distro Linux Ubuntu, Mint, Neon dan semua distro yang berbasis pada Debian.

Cara 1 Matikan UTC dan Gunakan Local time pada Ubuntu 16.04 keatas

Buka terminal (Ctrl + Alt + T) pada Bash Ubuntu (Terminal) dan masukkan command berikut,

timedatectl set-local-rtc 1 --adjust-system-clock

Dan tekan enter, untuk cek apakah Ubuntu kamu sudah benar menjalankan Local time, ketikkan command berikut,

timedatectl

Pada bagian bawah baris terdapat peringatan Ubuntu menggunakan Local time. Yang artinya kamu sudah berhasil merubah Ubuntu menggunakan Local time ketimbang menggunakan UTC.


Setelah berhasil, coba restart dan boot ke Windows. Dan kam harap waktunya sudah kembali normal.

BACA JUGA:  7 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Linux Ubuntu

Cara 2 Paksa Windows menggunakan UTC

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengubah waktu di Windows agar secara otomatis menyesuaikan setiap kali dihidupkan.

Jika kamu sudah terlanjur mengatur Ubuntu agar menggunakan local time untuk konfigurasi waktunya. Langkah pertama sebelum boot ke Windows adalah mengembalikan Ubuntu menggunakan UTC kembali. Hal ini agar tidak terjadi lagi konflik waktu yang salah antata Windows dan Linux.

Untuk mengembalikan Linux menggunakan UTC, buka terminal dan gunakan command berikut,

timedatectl set-local-rtc 0

Setelah itu boot ke Windows dan langsung ketikkan CMD pada cortana box untuk mencari Command Prompt. Lalu masukkan command berikut

Khusus Windows 32-bit

Reg add HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation /v RealTimeIsUniversal /t REG_DWORD /d 1

Command diatas adalah unutk membuat dword entry pada registry Windows.

Khusus Windows 64-bit

Reg add HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation /v RealTimeIsUniversal /t REG_QWORD /d 1

Pada Windows 64-bit menambahkan entry qword bukan dword.

Dan langkah terakhir adalah matikan automatic update time pada Windows. Cukup klik kanan pada waktu dan tanggal di taskbar dan pilih Adjust date / time setelah itu matikan automatic update time.

Dan restart ke Windows.

Kesimpulan

Gimana sudah melihat perubahan pada waktu di Windows 10 kamu?

Sebenarnya kenapa waktu di Windows melenceng dari waktu real? bila dikatakan sebelumnya Windows menggunakan local time ketimbang waktu UTC dari BIOS, sedangkan Linux dalam hal ini Ubuntu dkk menggunakan Hardware RTC (Real time clock) untuk pengaturan waktunya. Sehingga inilah yang menjadikan waktu di Windows dan Waktu di Linux berbeda. Karena terdapat dua sistem waktu yang berbeda. Sehingga pada BIOS akan memilih menggunakan OS yang lebih dulu boot.

Dan cara diatas semoga dapat menyelesaikan masalah kamu ya gaes, Ada pertanyaan? Tanyakan saja di sini…

Dari Sponsor