4 Cara Dapatkan dan Install Windows 10 Fall Creator Update di Laptop Kamu

0

Lifetekno. Penantian yang cukup lama ya gaes buat menantikan rilisnya Windows 10 Fall Creators Update. Sudah beberapa bulan yang lalu sejak tanggal rilis Windows 10 Fall Creators Update diumumkan. Dan hari ini Windows 10 Fall Creators Update sudah mulai diroll out secara bertahap diseluruh dunia.

BACA JUGA:  Tanggal rilis Windows 10 Fall Creator Update Diumumkan

Namun jika kamu tidak kunjung mendapatkan Update Windows 10 Fall Creators Update, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut agar Windows 10 Fall Creators Update bisa kamu dapatakan.

 

Install Windows 10 Fall Creators Update

 

Cek Update secara manual melalui Windows Update

Ada kalanya Windows Update itu ngadat dan hal ini sering sekali terjadi di Windows 10. Untuk mengatasi hal tersebut cukup lakukan cek manual update di Windows 10.

Jika beruntung kamu bisa langsung menemukan Update Windows 10 Fall Creators Update. Namun sepertinya untuk rollout via Windows Update akan dilakukan secara bertahap. Dan tentunya tidak semua device Windows 10 akan kebagian jatah update ini. Karena pada beberapa kasus beberapa device telat mendapatkan update hingga 3 minggu. Dan bahkan parahnya bisa sampai lebih dari sebulan. Namun update yang ditawarkan melalui WIndows Update akan lebih aman dan juga berisi hotfix sehingga update nanti lebih minim bug dan trouble.

Namun jika kamu mengalami gagal terus menerus, kamu bisa menggunakan alternatif update lain. Yaitu menggunakan Windows Update Mini Tool. Untuk toolnya bisa kamu dapatkan wumt disini.

Setelah terdownload ektrak semua file didalam folder dan run as admin wumt 64-bit atau 32-bit tergantung dari sistem windows kamu saat ini.

Setelah terbuka klik tombol refresh dan pilih semua file update yang akan didownload kemudian pilih tombol install disamping tombol refresh.

BACA JUGA:  Cara instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

 

Install Otomatis melalui Windows Update Assistant

Cara paling awal untuk mendapatkan Windows 10 Fall Creators Update adalah melalui Windows 10 Update Assistant. Jika kamu melakukan update dengan WUA hari ini kamu akan langsung dapat Windows 10 Fall Creators Update.

Ingin langsung mencoba WUA? Langsung download Windows 10 Update Assistant di sini.

Setelah terdownload buka dan run as admin, WUA akan segera melakukan checking windows terbaru dan cheking sistem requirement. Ikuti semua petunjuk yang diarahkan hingga proses penginstalan selesai. Dan Pastikan ada hardisk lega yang cukup minimal 25Gb pada Local Disk C:.

Untuk cara penginstalan Windows 10 Fall Creators Update dengan WUA sama seperti menginstall Windows versi sebelumnya. Jika kamu belum pernah melakukan update klik link berikut.

BACA JUGA:  Inilah 2 Cara Instal Windows 10 Creator Update Lebih Awal dan Lebih Cepat

 

Install Otomatis Menggunakan Windows 10 Installation Media

Satu lagi tool yang cukup banyak digunakan adalah Menggunakan Windows 10 Installation Media. Tool ini mempunyai 2 metode upgrade yang bisa kamu gunakan. Yaitu melakukan upgrade secara langsung dan mendownload ISO.

Untuk melakukan upgrade secara langsung kamu bisa memilih Upgrade this PC now. Tunggu hingga proses download file Windows 10 selesai baru kamu bisa melanjutkan proses instalasi.

Untuk cara lengkap Install Windows 10 Fall Creators Update dengan Windows 10 media installation tool bisa dilihat disini.

Untuk melakukan instalasi cukup mudah karena kamu akan dipandu oleh sistem untuk proses instalasi. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi.

 

Install Manual Windows 10 Fall Creators Update dari File Image ISO

Untuk memperoleh file ISO Windows 10 Fall Creators Update kamu bisa menggunakan tool Windows 10 Installion Media. Pada opsi ini silakan pilih pada Create installation media (USB flash drive …) dan next.

Setelah itu kamu diharuskan memilih edisi Windows 10 yang akan kamu gunakan. Atau jika kamu tidak ingin bingung kamu bisa mencentang Use the recommendation options for this PC dan klik Next.

Opsi terakhir ada 2 pilihan, jika kamu memilih USB flash drive maka file windows 10 yang terdownload akan langsung di flash ke Flashdisk. Untuk menggunakan opsi ini kamu harus sudah menyiapkan flashdisk dengan kapasitas minimal 4Gb. Usahakan untuk membackup data dari flashdisk tersebut karena flashdisk akan melalui proses format agar bisa digunakan.

Yang kedua adalah jika kamu menggunakan opsi kedua kamu tidak harus menyiapkan flashdisk terlebih dahulu. Memilih ISO file akan menyimpan file Windows 10 yang terdownload ke dalam sebuah file ISO. Cara ini biasa saya gunakan untuk mendapatkan file mentah ISO Windows 10.

Setelah selesai klik Next.

Untuk proses instalasi cara instal Windows 10 ISO, siapkan dulu flashdisk minimal 4Gb kosong dan download tool untuk flash file Windows 10 ke dalam flashdisk menggunakan rufus. Untuk cara flashing File Windows 10 ke dalam flashdisk menggunakan rufus bisa klik link tersebut.

Sedangkan untuk cara install Windows 10 kamu bisa menggunakan cara berikut,

BACA JUGA:  Membuat Installer Windows di USB Flashdisk Menggunakan Rufus

 

Kesimpulan

Keempat cara diatas bisa kamu gunakan untuk mendapatkan Windows 10 Fall Creators Update lebih awal. Dan kebanyakan orang biasanya lebih memilih untuk menyimpan file ISO dari Windows 10 sehingga sewaktu-waktu bisa digunakan lagi.

Saya tidak menganjurkan untuk mendownload file ISO Windows 10 Fall Creators Update yang bertebaran di internet. Karena kemungkinan besar bisa saja berpotensi malware. Tentunya kamu tidak mau ini terjadi kan? Untuk itu mendownload langsung dari server Microsoft adalah cara yang paling tepat jika kamu ingin menginstall atau mengupgrade Windows 10 Fall Creators Update.

Bagaiamana nih denganmu? Apa sudah berhasil upgrade ke Windows 10 Fall Creators Update? Bisa ceritakan sedikit mengenai experience kamu saat menggunakan Windows 10 Fall Creators Update? Yuk share di komentar!

Dari Sponsor