Inilah Alasan Kenapa Microsoft Membunuh Windows 10 Mobile

0

LifeTekno. Kabar tidak menyedapkan sepertinya kembali terjadi di kalangan fans Windows. Microsoft akhirnya menghentikan pengembangan Windows 10 Mobile dan menaruh Windows 10 Mobile dalam daftar life support.

Hal ini memang sepertinya tidak mungkin, namun kabar ini disampaikan langsung oleh petinggi Microsoft Joe Belfiore. Jika Windows 10 Mobile sudah bukan lagi prioritas Microsoft. Jika dilihat lagi Microsoft sebenarnya sudah lama sekali terjun ke dunia mobile. Bahkan sebelum kemunculan iPhone dan Android, Microsoft telah bergelut dengan sistem operasi Mobile mereka Windows Mobile.

BACA JUGA:  Microsoft Umumkan Edge dan Microsoft Launcher Untuk Android dan iOS

Tanda Kematian WIndows 10 Mobile sudah terlihat

Kabar resmi permberhentian pengembangan Windows 10 Mobile sebenarnya sudah lama terlihat. Hal ini bisa dibuktikan dengan Microsoft yang terus menerus memprioritaskan apps nya di Android dan iOS. Berbagai update dan pembaharuan lebih dulu datang ke platform tetangga ketimbang di Windows 10. Belum beberapa waktu lalu terdapat sebuah foto yang memperlihatkan Bill Gate telah berpindah menggunakan Samsung Galaxy S8 yang tentu saja ditenagai oleh Android. Hal ini cukup membuat kita berspekulasi dengan kuat jika Microsoft seakan sudah membuang Windows 10 Mobile untuk internal mereka.

Hal ini terlihat seperti menganak tirikan Windows 10 Mobile milik mereka sendiri. Bila kita lihat Microsoft saat menghadirkan update Windows 10. Yang pertama kali mereka hadirkan adalah pada PC sedangkan untuk Windows 10 Mobile akan menyusul dalam kurun waktu 1 bulan hingga 3 bulan kedepan.

Kesalahan Microsoft Pada Windows 10 Mobile

Saya tahu sebenarnya menghadirkan sebuah OS dengan core yang sama namun di arsitektur berbeda adalah sangat merepotkan. Kita harus menyesuaikan dan menyamakan dengan OS utama dalam hal ini Windows 10 Desktop. Oleh karena itu memang butuh beberapa waktu agar OS Windows 10 Mobile dapat dihardirkan. Namun berhubung dengan penggunaan nama yang sama yaitu Windows 10, jika ada delay waktu yang cukup lama. Hal ini bisa menjadi keanehan tersendiri bagi penggunanya.

Bila kita melihat OS tetangga milik Google dan Apple. Mereka tidak menyandangkan nama yang sama antara OS mobile dan OS desktop. Karena mereka tahu menyandangkan nama yang sama antara mobile dan PC adalah satu tanggung jawab yang besar dan bisa menjadi beban yang sangat berat bagi mereka. Karena arsitektur berbeda dari device yang dihadirkan membuat kerja perusahaan harus lebih ekstra untuk menghadirkan experience yang sama.

Untuk itu kesalahan terbesar Microsoft dalam dunia mobile adalah mereka menyamakan experience antara PC dan mobile yang seharusnya memang berbeda. OS Desktop desktop harus dapat menunjang semua kegiatan pekerjaan dan tugas dan Windows mempunyai experience tersebut. Namun berbeda halnya jika mobile diterapkan dengan experience desktop.

BACA JUGA:  Yuk Kenalan dengan UWP Apps Penerus Metro Apps yang lebih baik

Microsoft Tegaskan Hentikan Pengembangan Windows 10 Mobile.

Lewat cuitan sebuah akun milik pria kebangsaan Turki. Dia menanyakan kelangsungan dukungan untuk WIndows 10 Mobile. Dan hingga akhirnya ditanggapi oleh salah satu petinggi Microsoft Joe Belfiore. Secara tegas di mengatakan jika WIndows 10 Mobile sudah tidak lagi menjadi fokus lagi saat ini. Ia menambahkan jika mereka sudah berusaha menggaet banyak developer untuk mengisi apps gap yang menjadi masalah saat ini. Namun Minat user yang memang sudah sangat sedikit hal ini membuat usaha mereka sepertinya sia-sia.

Dalam cuitannya Joe Belfiore sedikit menghibur para fans Windows 10 Mobile.

Dengan begini tidak akan mendapat update terbaru dari Windows manjor update dan harus rela bertahan di versi windows 10 saat ini. Nantinya Wndows 10 Mobile hanya akan diberikan update bug fixes, security update, patch dan lain-lain. Namun tidak akan mendapat fitur baru.

Joe Belfiore juga menegaskan jika mereka telah bekerja sangat keras untuk menghadirkan platform Windows 10 Mobile lebih baik. Namun antusiasme pengguna sepertinya tidak banyak yang tertarik dengan Platform Windows 10 Mobile. Inilah yang membuat Microsoft ingin mengakhiri platform Windows 10 Mobile.


BACA JUGA:  Percantik Google Chrome dengan 5 New Tab Home Chrome ini

Kompetisi Pasar Yang Sulit ditembus

Kompetisi dengan Android dan iOS sepertinya sangat sulit untuk ditaklukan. Lihat saja Nokia yang kalah dengan Symbias, Mozilla yang kalah dengan Firefox OS, RIM yang kalah dengan Blackberry OS dan Sekarang Microsoft mengaku kalah dengan WIndows 10 Mobile mereka.

Pasar yang cukup kejam untuk persaingan mobile. Dan saat ini hanya ada 2 raksasa yang menguasai pasar mobile. Google dengan Android dan Apple dengan iOS. Android adalah satu-satunya mobile OS paling populer di dunia saat ini.

Lebih dari 60% pasar smartphone dikuasai oleh Android dan 30%-nya dikuasai iOS, sedangkan di posisi ketiga bertengger Windows Phone all version. Walaupun bertengger diposisi ketiga, Windows Phone hanya memiliki pasar kurang dari 1% dan sisanya adalah OS lain.

Dan untuk Windows Phone untuk bisa bertengger di posisi kedua saja harus mempunyai pengguna lebih dari 30 kali dari iOS agar bisa bersaing. Tapi sepertinya hal ini tidak mungkin. Apalagi untuk mengalahkan Android? Jelas bagaikan membangung gedung dari potongan lidi. It’s Impossible.

Kesimpulan

Microsoft sudah mengakhiri pengembangan Windows 10 Mobile. Itu berarti kedepannya kamu tidak akan mendapatkan fitur baru di Windows 10 Mobile. Untuk itu kami sarankan untuk segera pindah ke kedua platform tersebut. Karena semua aplikasi Microsoft bisa kamu temukan disana.

Khusus ini saya sendiri lebih menyukai Android, karena lebih fleksibel dan lebih baik. Pengguna Windows 10 Mobile yang baru pindah ke Android pasti tidak akan kesulitan. Karena interface mudah dan bisa kamu desain mirip dengan Windows 10 Mobile.

Apakah kamu pengguna Windows 10 Mobile? Bagaimana kamu menyikapi hal ini? Dan jika kamu akan pindah ke platform lain, manakah yang akan kamu pilih, Android atau iOS? Berikan komentarmu disini!

Dari Sponsor