7 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Linux Ubuntu

0
hal yang harus dilakukan setelah instal ubuntu

Lifetekno. Jika kamu membaca pos ini, berarti kamu baru saja melakukan instal Ubuntu. Seringkali kita kebingungan sendiri jika sudah berhadapan dengan OS yang fresh install. Cari referensi sana sini, download dan instal apps ini itu dan lainnnya.

Wajar saja karena memang OS baru. Dan kita perlu menginstal apps yang mana kita perlukan. Untuk itu menyiapkan akses internet adalah hal utama setelah melakukan fresh install untuk semua OS.

Dan kamu yang tengah mencari referensi apa saja sih yang harus dilakukan setelah melakukan fresh install Ubuntu atau Linux based debian lain. Kamu bisa melakukan hal ini.

BACA JUGA:  Cara instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

7 Hal yang harus kamu lakukan setelah fresh install Ubuntu

1. Melakukan Update

hal yang harus dilakukan setelah instal ubuntu

Hal pertama yang wajib dilakukan saat pertama kali melakukan fresh install Ubuntu adalah melakukan update Ubuntu. Hal ini wajib banget nih, karena OS yang baru saja fresh install kemungkinan ada bug yang ikut terbawa saat proses instalasi.

Update bukan hanya untuk memperbaiki Bug pada Ubuntu, tapi juga untuk menjaga agar sistem Ubuntu tetap aman dari ancaman luar.

Untuk melakukan update cukup navigasikan ke

Buka DASH (atau tekan Super Button/Windows Key) dan ketik Update dan pilih Software Updater.

2. Install Driver

Hal yang paling sering dilupakan setelah install Linux adalah mengabaikan driver yang dibutuhkan. Ini sebetulnya hal yang keliru. Karena tanpa adanya driver yang didukung, OS tidak akan berjalan dengan mulus.

instalasi driver ubuntu

Kebutuhan akan driver tentu merupakan hal yang sangat vital. Namun bagaimana caranya menginstal driver yang dibutuhkan di Linux? Tidak seperti Windows, melakukan install driver di Linux merupakan hal yang cukup mudah.

Tidak perlu mengunjungi satu persatu mengunjungi website driver support. Karena di Linux dalam hal ini Ubuntu sudah menyediakan tool yang cukup powerfull untuk masalah hardware. Kamu tinggal memilih apakah akan menggunakan driver yang tersedia atau tidak.

Untuk melakukannya cukup buka dash dan ketik Additional Driver. Silakan aktifkan driver yang ada.

BACA JUGA:  Cara melakukan update driver secara manual di Window 10

3. Install Media Codec

Ubuntu secara default tidak dibekali dengan codec untuk memutar file media seperti music ataupun video. Setidaknya saat penginstalan berlangsung kamu bisa memilih menginstall third-party codec agar nantinya tidak perlu lagi menginstal codec.

Tapi jika kamu melakukan fresh install Ubuntu tanpa mencentang bagian install codec kamu tetap bisa melakukannya setelah instalasi berhasil.

Caranya cukup klik tombol dibawah ini dan install codec yang diperlukan.


   | Install Third Party Codec

4. Install Browser Favorit

Secara default ubuntu sudah dibekali dengan Mozilla Firefox sebagai browser bawaan. Namun jika kamu tidak terlalu suka dengan Firefox dan ingin menginstall Google Chrome atau Opera kamu bisa melakukannya.

Sayangnya di Ubuntu Software Center tidak disediakan kedua browser tersebut. Dan kamu harus menginstallnya secara manual.

Dapatkan browser Google Chrome

Dapatkan browser Opera

Untuk melakukan penginstalan silakan install dulu gdebi. Setelah gdebi terinstal buka file .deb yang sudah kamu download dengan Gdebi installer.

   | Install Gdebi dari Software Center

BACA JUGA:  Google Chrome Lemot? Ini Cara Mempercepat Kinerjanya

4. Install Unity Tweak Tools

Unity Tweak Tools adalah tool yang sangat bagus untuk melakukan tweak dasar dari Unity, seperti tweak tampilan, tweak launcher, tema hingga tampilan jendela.

Untuk mendapatkan Unity Tweak Tools cukup klik tombol dibawah ini untuk memasang Unity Tweak Tools langsung ke Ubuntu kamu.

   | Install Unity Tweak Tools dari software center

5. Install Tema GTK dan Icon

Kemampuan Ubuntu yang menjadi primadona di kalangan tweaker adalah fitur tema dan icon pack yang sangat bagus. Kamu bisa memilih dan menerapkan dengan bebas tema GTk yang kamu inginkan.

Ada banyak sumber yang menyediakan tema GTK secara gratis seperti di github atau situs download tema lain. Namun perlu diketahui tidak semua tema dapat diterapkan di Ubuntu versi baru. Beberapa tema mungkin sudah tidak dikembangkan dan tidak support dengan Ubuntu versi 17.04.

Namun beruntungnya ada beberapa kontributor yang menyesuikan tema agar bisa diterapkan di Ubuntu verssi 17.04.

Salah satu tema terbaru yang sudah support Ubuntu 17.04 adalah Numix. Kamu bisa mendapatkannya cukup dengan klik tombol dibawah ini.

   | Install Numix GTK Theme dari Software Center

7. Aktifkan Minimize on Click

Pada versi Ubuntu terbaru, minimize on click melalui launcher tidak lagi diperbolehkan. Hal in mungkin sangat disayangkan karena minimize on click cukup berguna ketimbang harus mencari tombol minimize di panel bar.

Namun dengan Unity Tweak Tools kamu bisa mengaktifkan lagi fitur tersebut. Cukup buka Unity Tweak Tools, pergi ke Launcher > Minimize single window applications on click

BACA JUGA:  Cara instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

Kesimpulan

Yah itulah 7 hal yang harus kamu lakukan saat pertama kali setelah melakukan fresh instll Ubuntu. Setidaknya itulah hal dasar yang wajib kamu lakukan agar Ubuntu kamu dapat berjalan dengan baik.

Happy Exploring with Ubuntu ya gaes. Jangan lupa install essential apps yang kamu butuhkan di Ubuntu Software Center.

Ada yang mau menambahkan? Share kontribusi kamu lewat komentar dibawah ini!

Dari Sponsor