Deep Review Windows 10 Fall Creators Update Lengkap dari A sampai Z

0

Lifetekno. Setelah sekian lama ditunggu akhirnya datang juga. Yap Windows 10 Fall Creators update sekarang sudah tersedia untuk diinstal. Windows 10 fall creators update sudah tersedia sejak tanggal 17 Oktober kemarin. Bagi kamu yang belum sempat untuk menginstall atau malahan belum mendapatkan Windows 10 fall creators update, kamu bisa menggunakan cara berikut. (Baca: “Cara menginstall dan mendapatkan windows 10 fall creators update“.)

BACA JUGA:  4 Cara Dapatkan dan Install Windows 10 Fall Creator Update di Laptop Kamu

Sekedar mengingatkan sebelum membahas lebih dalam Windows 10 Fall Creators Update. Ada baiknya kamu mengetahui dulu beberapa fitur yang hilang di Windows 10 fall Creators Update. Karena memang pada update ini cukup banyak fitur yang dihilangkan di update mayor kali ini. Namun kabar baiknya Microsoft tidak jadi menghilangkan Classic Paint windows 10 Fall Creators Update ini.

Bukan hanya beberapa fitur lawas yang sudah diganti tapi juga Microsoft menambah banyak fitur di Windows 10 Fall Creators Update ini. Salah satunya adalah Windows Mixed Reality. Bagaimana kelanjutannya? Let check it out!

 

Deep Review Windows 10 Fall Creators Update

Windows 10 Shell Experience

Rasanya tiap update besar kurang pas jika tidak memoles bagian shell dari Windows 10. Shell Experience adalah keseluruhan tampilan dari Windows 10 yang digunakan untuk berinteraksi dengan user. Dan bagaimana dengan shell yang ditawarkan di Windows 10 fall creators update?

Deep Review Windows 10 Fall Creators Update
Tampilan Windows 10 shell di Fall Creators Update

Di Windows 10 Fall Creators Update sudah menerapkan sedikit elemen fluent design. Bisa kita lihat saat membuka start menu, action center atau shell menu lain. Background transaparant kita berubah menjadi blur acrilyc. Namun sayang reveal effect belum sepenuhnya diterapkan di start menu dan action center.

Beberapa aplikasi sistem Window 10 sudah menerapkan fluent design namun tidak sepenuhnya maksimal. Seperti settings app kini sudah menggunakan reveal animation, tapi hanya jika kamu menerapkan tema warna hitam. Sedangkan untuk tampilan putih kamu tidak akan melihat reveal animation.

Saat ini Windows apps yang benar-benar telah menerapkan fluent design dengan epic adalah Groove Music apps.

 

OneDrive on demand

Salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu adalah OneDrive on demand. Sebenarnya fitur ini pernah ada di windows 8 dulu namun langsung dinonaktifkan oleh Microsoft. Dan kini OneDrive on deman kembali lagi dengan berbagai peningkatan. Jika kamu belum tahu, OneDrive on demand memungkinkan kamu melihat isi file di Onedrive tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu.

Hal ini tentu saja akan mempercepat kamu dalam mencari file di OneDrive kamu dengan lebih cepat. Tidak hanya itu space yang digunakan juga tidak akan membengkak.

Deep Review Windows 10 Fall Creators Update
OneDrive on demand

Saat pertama kali menggunakan OneDrive on Demand daftar file OneDrive akan langsung tampil di File Explorer. Hanya daftar file yang tampil bukan file aslinya, file asli tetap berada di OneDrive Kamu bisa membuka folder yang ada untuk sekedar melihat-lihat. Dan tenang saja data kamu tidak akan terkuras seperti biasanya. Jika kamu membuka salah satu file yang ada baru kamu mendownloadnya.

Untuk menggunakan OneDrive on demand pastikan kamu memiliki versi terbaru OneDrive desktop.

   | Dapatkan OneDrive Sekarang

 

My People

Sebagai salah satu fitur baru di WIndows 10 Fall Creators Update. My People disambut baik oleh para pengguna Windows 10. Dengan My People kamu bisa saling terkoneksi dengan teman kamu lebih mudah. Berkirim email, pesan chat skype ataupun messennger lain hanya dalam satu klik.

Fitur My People

Jika kamu sering sekali mengirim file ke teman kamu atau rekan kerja kamu, sekarang cukup hanya menyeret file tersebut ke Pinned contact di My People. Hal ini lebih mudah dilakukan daripada mengetik email satu-satu baru ditambahin attachment-nya.

Namun sayangnya kontak yang dapat di pin My People hanya 3 orang saja. Sedangkan bagi mungkin orang yang sering kita hubungi lebih dari 3 orang.

 

Semakin Menyatu dengan Android dan iPhone

Divisi mobile Microsoft mungkin sedang terpuruk gaes. (Baca: Microsoft menghentikan pengembangan untuk Windows 10 Mobile.) Namun upaya Microsoft untuk menyatukan Windows 10 dengan OS tetangga Android dan iOS semakin harmonis.

Pertama dengan dirilis Cortana untuk Android dan iPhone bukan tanpa alasan. Melainkan agar pengguna Android dan iPhone dapat tetap produkstif walaupun mereka berpindah platform.

BACA JUGA:  Inilah Alasan Kenapa Microsoft Membunuh Windows 10 Mobile

Kedua yang baru saja panas akhir-akhir ini adalah Microsoft baru saja merilis 2 buah aplikasi untuk Android dan iPhone. Microsoft merilis Microsoft Launcher dan Microsoft Edge untuk Android dan iPhone.

Dengan adanya Microsoft Edge di Android dan iPhone aktifitas browsing kamu bisa dilanjutkan dengan mudah walaupun berbeda platform. Berkat adanya tombol continue yang cukup besar di bar bawah akan membuat kamu lebih mudah untuk berpindah dari smartphone ke PC. Namun bagaimana jika kamu tidak mempunyai Microsoft edge terinstall di Androoid kamu? Cukup gunakan Microsoft Launcher dan browsing menggunakan browser apa saja dan share ke continue to PC. (Baca: Deep Review Microsoft Edge Android, Fitur dan Performa)

BACA JUGA:  Deep Review Microsoft Edge Android, Fitur, Performa, Experience dan Cara Downloadnya

 

Cortana Yang Semakin Cerdas

Hal yang patut diperhitungkan adalah cortana yang kini semakin cerdas. Cortana sekarang lebih mudah memahami setiap kata yang kamu ucapkan. Tidak hanya itu cortana sekarang juga paham perintah untuk mengontrol PC. Seperti perintah untuk mengunci PC, membuka PC, mematikan pc dan masih banyak lagi.

Untuk pencarian real time cortana sekarang lebih cerdas. Sekarang cortana akan menampilkan setiap informasi langsung dari cortana apps tanpa membuka browser terlebih dahulu.

Selain itu juga fitur kesukaan saya adalah cortana selalu dapat mengingatkan kerjaan terakhir yang saya tinggalkan. Ini sangat membantu saya daripada harus mencari file per file yang cukup merepotkan.

Namun ada satu kelemahan cortana yang masih terjadi saat ini. Yaitu cortana kurang begitu baik untuk mengenali setiap perintah suara. Kadang kamu harus mengulang berkali-kali agar cortana mengenali perintahmu dengan baik.

 

Peningkatan Keamanan Lebih Baik

Peningkatan lain yang juga tidak luput dilakukan Microsoft adalah dalam hal keamanan. Malware sekarang tidak mengenal apakah itu open source ataukah closed source. Beberapa bulan lalu kita sempat dikagetkan dengan ancaman serius WannaCrypt yang berhasil meretas ribuan PC diseluruh dunia. Termasuk juga Indonesia yang juga beberapa komputer rumah sakit terkena dampak Ransomware ini.

Kemudian beberapa hari lalu kita juga dikagetkan dengan Krack yang merupakan ancaman paling serius yang dapat membahayakan semua pengguna gadget termasuk Windows, Android, iOS dan Linux. (Baca: Cara mengatasi ancaman Krack di Windows, Android dan Linux.)

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Serangan Krack di Windows, Android dan Linux

Oleh karena itu meningkatkan keamanan di Windows 10 adalah tugas penting Microsoft untuk melindungi semua pengguanya. Windows Defender adalah garda depan Microsoft untuk mencegah serangan virus dan malware. Walaupun ditawarkan secara gratis, Windows Defender adalah salah satu antivirus yang cukup kuat dan handal.

Pada Windows 10 Fall Creators Update Windows Defender, Microsoft meningkatkan kemampuan Windows Defener dengan mengoptimalkan kinerja Windows Smartscreen dan yang cukup mengesankan adalah Windows Defender dibekali dengan Exploit Protection. (Baca: Cara menggunakan Windows Defender Security Center.)

Kamu bisa menentukan sendiri tingkat keaman untuk mencegah ancaman exploit. Satu kemajuan Windows Defender yang bahkan antivirus pihak ketiga sepertinya hanya beberapa saja yang menyertakan exploit protection.

Sepertinya Microsoft sadar jika hacker akan terus mengancam pengguna Windows. Oleh karena itu mempersiapkan amunisi lebih awal akan lebih bagus untuk berjaga-jaga dari ancaman.

Saat ini Windows Defender adalah perlindungan terbaik jika kamu memilih tidak menginstall Antivirus di laptop kamu. Namun jika kamu menginginkan perlindungan lebih, gunakan antivirus pihak ketiga.

 

Sedikit Peningkatan Microsoft Edge

Sebagai browser utama Microsoft Windows. Microsoft Edge mendapatkan peningkatan fitur di Windows 10 Fall Creators Update ini. Namun kamu jangan terlalu berharap ada banyak peningkatan disini.

Microsoft akhirnya menerapkan Fluent Design acrilyc di Microsoft Edge. Namun hanya bagian tab bar saja yang menapat sentuhan fluent. Sedangkan bagian lain masih belum menapatkan sentuhan yang berarti. Seperti icon HUB yang kini berubah menjadi separuh bintang. Namun kamu tetap menemukan hal yang sama di dalamnya.

Namun dari segi performa yang ditawarkan Edge sekarang lebih baik. Kamu tidak lagi menemukan delay saat membuka tab baru. Dan halaman not responding juga telah diperbaiki. Bisa dikatakan update kali ini adalah untuk membenahi sistem Microsoft Edge ketimbang menambahkan fitur baru.

 

Peningkatan Lain

Jika melihat fitur diatas yang mendapatkan peningkatan, sudah jelas jika di Fall Creators Update ini tidak begitu banyak perubahan fitur dan tampilan. Namun disisi lain Microsoft juga memberikan pembaharuan minor yang cukup bermanfaat untuk untuk pengguna sehari-hari dan tentunya gamer.

Windows 10 Fall Creators Update memberikan suatu kejutan istimewa dengan menghadirkan emoji box everywhere. Saat kamu lagi beraktifitas di social media dan ingin menambahkan emoji kamu tidak perlu pusing lagi untuk mencari emoji melalui ekstensi. Ataupun kamu lagi berkirim pesan ataupun email kamu juga bisa dengan mudah menambahkannya.

Untuk mengakses emoji box pastikan kamu sedang berada di area ketik lalu tekan tombol [Win] + [ . ] atau kamu juga bisa menggunakan [Win] + [ ; ] kemudian emoji box akan terbuka.

Fitur tersebut mungkin bagi yang gemar bersosial media. Sedangkan bagaimana dengan gamer? Tenang saja kamu yang mengaku gamer jangan sampai melewatkan update Windows 10 Fall Creators Update ini. Karena Ada peningkatan yang luar biasa di sektor gaming. Game mode kini lebih agresif dan optimal. Berkat bug yang dulu muncul di Creators Update kini sudah diatasi. Performa FPS game naik sampai dengan 20%. Cukup bagus untuk kamu yang hobi game. (Baca: Lakukan 7 cara ini untuk meningkatkan performa game di laptop.)

Selain itu di Task manager juga dibekali dengan satu resource monitor yang akan sangat membantu untuk gamer. Sekarang kamu bisa memonitor aktivitas GPU yang terinstall di PC kamu. Tidak perlu lagi menggunakan tool pihak ketiga hanya sekedar untuk memonitor aktivitas GPU yang berjalan.

GPU monitor di task manager

Selain itu juga Story remix yang dulu digadang-gadang sejak Windows 10 CU kini akhirnya hadir juga di Windows 10 Fall Creators Update. Melalui aplikasi photos kamu bisa mengedit video atau menyambung-nyambungkan footage untuk menjadi video utuh. Ada banyak efek filter yang siap diterapkan di video kamu. Kamu juga bisa memberikan title di dalam video hingga menambahkan efek suara di Story remix.

Atau jika kamu ingin membuat klik video otomatis dengan efek yang bisa kamu sesuaikan. Kamu bisa melakukannya disini. Untuk mendapatkan fitur Story Remix di Photos lakukan update aplikasi Photos ke versi terbaru.

BACA JUGA:  Story Remix, Editor Video Penerus Movie Maker yang lebih powerful

 

Akhir Kata

Itulah semua perubahan yang diterapkan di Windows 10 Fall Creators Update. Ada cukup banyak perubahan lain yang bisa kamu lihat disini. (Baca: Daftar lengkap semua fitur Windows 10 Fall Creators Update dan Semua fitur yang dihilangkan dari Window 10 Fall Creators Update.)

Perubahan untuk Fluent Design sudah memperlihatkan peningkatan di beberapa Windows Shell walaupun hanya sedikit yang diterapkan. Namun ini adalah awal dari perubahan perombakan Fluent Design sebelum berpindah ke fluent design sepenuhnya.

Kabar baiknya Ms. Paint atau biasa kita sebut sebagai Classic Paint tidak jadi dihilangkan di Windows 10 Fall Creators Update. Dengan ini kamu bisa menggunakan classic paint lagi untuk berbagai keperluan kamu.

Walaupun begitu bisa dikatakan Windows 10 Fall Creators Update ini adalah awal dari serangkaian update yang akan dihadirkan Microsoft 6 bulan lagi. Jika kamu ingin mencoba berbagai fitur baru lebih awal, segera gabung menjadi insider namun saya sarankan jangan memakai Windows insider untuk keperluan harian kamu. Karena banyaknya bug dan trouble yang terjadi di Insider Fast ring. Namun jika kamu ingin tetap menggunakan Windows insider namun dengan bug yang minim kamu bisa memilih menggunakan Insider slow ring.

Semua terserah kamu. Ingin tetap di versi release yang lebih stabil atau ingin bergelut dengan banyak bug di Windows Insider.

Apakah kamu sudah melakukan update ke Windows 10 Fall Creators Update? Bagaimana pengalamanmu selama menggunakannya? Ceritakan sedikit dong experience kamu disini!

Dari Sponsor