Cara Mengatasi File atau Folder yang Corrupt di Windows 10

0
Cara Mengatasi File atau Folder yang Corrupt di Windows 10

Apakah kamu mempunyai folder atau file yang tidak bisa dihapus? Disana tertulis couldn’t find this item padahal sudah jelas-jelas folder tersebut masih ada disana.

BACA JUGA:  Membuat Installer Windows di USB Flashdisk Menggunakan Rufus

Hal ini bisa saja terjadi jika ada suatu tindakan pada file tersebut dan tiba-tiba crash. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya corrupt pada file tersebut. Atau bisa saja ini disebabkan oleh beberapa sistem Windows yang corrupt misalnya pada registry Windows.

Namun kamu tidak usah khawatir dengan hal ini, karena kita bisa mengatasinya. Bahkan kita bisa membuka isi folder tersebut dan memindahkan beberapa data yang mungkin penting.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini. Yaitu menggunakan safe mode dan menggunakan metode dual boot Windows Linux.

Cara Menghapus FIle atau Folder yang corrupt di Windows 10

Cara #1 Dengan Cara Safe Boot

  1. Untuk menuju ke Safe Mode buka pengaturan > Security & Update.Cara Mengatasi File atau Folder yang Corrupt di Windows 10
  2. Buka tab recovery dan perhatikan pada Advance Startup dan pilih reboot now.
  3. Tunggu beberapa menit untuk mereboot Windows kamu ke safe mode.
  4. Setelah berhasil masuk silakan buka file explorer dan cari folder/file tersebut.
  5. Kemudian Buka folder tersebut dan pindahkan semua isinya ke folder lain. Atau hapus jika kamu menginginkan untuk dihapus.

Pada beberapa kasus folder tersebut tetap tidak bisa dibuka atau dihapus walaupun sudah boot ke safe mode. Oleh karena itu kamu harus menggunakan cara kedua untuk mengatasi hal ini.

BACA JUGA:  Rahasia Laptop Lebih Awet Hingga Bertahun-tahun

Cara #2 Dengan mengakses dari OS linux

Cara ini mungkin agak sedikit ribet bila kamu memang belum pernah menginstall atau menggunakan Linux. Tapi bisa dikatakan cara inilah yang tingkat kesuksesannya mencapai 99%. Yap karena kamu bisa membuka isi folder tersebut dan memindahkan ke folder lain.

Jika sebelumnya kamu belum pernah menginstall Linux. Ikuti cara menginstall Linux dual boot dengan Windows 10.

OK saya anggap kamu sudah mempunyai Linux terinstall dual boot dengan Windows kamu. Dan segera boot ke Linux kamu.

  1. Setelah berhasil boot ke Linux entah ubuntu, Mint atau lainnya. Buka file manager di Linux.
  2. Buka partisi dimana folder / file yang bermasalah tersebut berada. (Pada beberapa file manager seperti Nautilus File Manager bawaan Ubuntu, partisi Windows biasanya ada di Other locations > Partisi Windows kamu).
  3. Buka folder atau file yang corrupt tersebut berada. Dan buka folder tersebut.
  4. Kamu akan melihat isi dari folder tersebut atau kamu juga bisa menghapusnya.
  5. folder yang baru kamu hapus tidak hilang begitu saja. Karena masih tersimpan di Trash. Untuk menghapusnya secara permanen, pada desktop atau file manager cari Trash dan klik kanan dan empty trash.

Done!!

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Waktu Yang Salah di Windows Setelah Boot dari Linux Ubuntu

Kesimpulan

Kenapa folder corrupt tersebut tidak bisa dibuka atau diapa-apakan di Windows? Sedangkan di Linux kita bisa menghapusnya bahkan membukanya?

Itu karena pada Windows kemungkinan besar ada registry yang rusak yang berisi informasi tentang folder tersebut. Karena itu windows mengenalinya sebagai folder yang corrupt atau lokasi hilang.

Sedangkan di Linux tidak berpengaruh terhadap registry Windows. Sehingga folder tersebut bisa beroperasi dengan baik di Linux.


Bagaimana denganmu? Apakah masalah yang kamu alami sudah beres? Atau masih terjadi masalah lain? Jangan lupa share masalah kamu di komentar ini.

Dari Sponsor