Cara membuat partisi baru menggunakan gparted di Linux Ubuntu

0

Lifetekno. Bagaimana sih cara membuat partisi baru di Linux? bagaimana sih cara menambahkan partisi baru di Linux tanpa menghilangkan data pribadi saya? Bagaimana sih cara menambahkan partisi baru di Linux dengan mudah?

Yah, ini adalah segelintir pertanyaan yang sering ditanyakan teman saya ketika ingin membuat partisi baru di Linux. Sebenarnya membuat partisi di Linux itu cukup simple dan tidak begitu menguras waktu. Sama seperti halnya membuat partisi baru di Windows. Hanya saja sejak Windows 10 Creator Update diluncurkan, membuat partisi di Windows membutuhkan waktu yang lumayan lama. Karena harus melalui proses defrag terlebih dahulu. Walaupun dengan bantuan tool pihak ketiga kita bisa melakukannya dengan mudah dan cepat.

BACA JUGA:  Cara instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

Nah, di Linux seperti kita tahu karena ini adalah Open Source. Kita tentu membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat partisi baru. Dan kebetulan yang akan kita gunakan adalah menggunakan Gparted.

Alasan menggunakan Gparted adalah tool ini sudah ada cukup lama dan menjadi salah satu tool yang bisa diandalkan untuk urusan managemen disk.

Beberapa distro seperti Ubuntu atau Mint sudah menyematkan gparted secara default. Namun jika distro Linux kamu tidak terdapat Gparted kamu bisa menginstall nya melalui terminal (Crtl + Alt + T). Dan gunakan command berikut,

sudo apt-get install gparted

Setelah terinstal lalu buka Gparted.

Membuat Partisi Baru menggunakan Gparted

  1. Tentukan drive mana yang akan kamu bagi space nya. Setelah itu pilih disk tersebut dan pilih resize/move pada toolbar.gparted home
  2. Gunakan resizable box area untuk menentukan ukuran partisi lebih mudah.

    Pada box tersebut terdapat area putih dan area gold. Area putih adalah area dimana space tersedia dan bisa digunakan membuat partisi baru. Sedangkan area gold adalah area dimana file-file berada.Kamu tidak perlu khawatir datamu hilang. Karena resizable box sangat aman dan tidak akan pernah terjadi kehilangan data sekecil apapun. Atau kamu juga bisa menggunakan input box dibawahnya untuk menentukan ukuran partisi.Kamu bisa menentukan ukuran partisi baru pada Free space preceding atau Free space following Jika kamu menginput di Free space preceding, maka partisi baru akan berada di atas partisi sebelumnya (mother partition) Tapi jika kamu memilih input ke Free space following maka partisi baru akan dibuat dibawah partisi lawas.

    Membuat partisi baru diatas mother partition akan menginjinkan kamu untuk menggabungkan partisi tersebut dengan partisi diatas mother partition saat ini. Sedangkan jika kamu membuat partisi baru dibawah mother partition maka kamu hanya boleh menggabungkannya dengan mother partition saat ini.

    BACA JUGA:  7 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instal Linux Ubuntu
  3. Setelah menentukan ukuran partisi selanjutnya pilih Resize/Move
  4. Selanjutnya partisi baru telah muncul. Tapi ini belum bisa digunakan ya, karena proses tersebut masih berada pada antrian (queue).
  5. Terakhir yang kita lakukan adalah klik apply, baru setelah itu partisi baru telah terbuat. Jika ada konfimasi muncul, klik saja apply.

Terjadi masalah proses partisi

PS: Jika terjadi error saat pembuatan partisi dengan keterangan. Get newer version of e2fsck. Jangan panik.

Lakukan peninstalan pada beberapa package (.deb) berikut,

64 Bit

https://packages.debian.org/sid/amd64/e2fslibs/download
https://packages.debian.org/jessie/amd64/e2fsprogs/download

32 Bit

https://packages.debian.org/sid/i386/e2fslibs/download
https://packages.debian.org/jessie/i386/e2fsprogs/download

Install seperti biasa menggunakan Gdebi atau Apt installer.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Waktu Yang Salah di Windows Setelah Boot dari Linux Ubuntu

Selesain, Done!

Kamu menemukan beberapa masalah? Belum bisa diperbaiki? Share lewat komentar dibawah ini, sekarang!

Dari Sponsor