Cara instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

1
instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

LifeTekno. Mencari cara untuk instal Linux Ubuntu di PC kamu? Tapi tidak ingin meninggalkan Windows 10? Salah satu caranya adalah menjadikan Linux dapat dual boot dengan Windows 10.

Linux memiliki banyak sekali kelebihan dibanding Windows, Yap Linux itu Open Source. Dan karena hal itu juga kebanyakan aplikasi yang ada juga open source dan gratis. Sistem gotong royong pengembangan linux antar komunitas sehingga membuat Linux lebih stabil dan minim sekali ancaman malware yang berbahaya.

BACA JUGA:  Cara mencegah ransomware dan malware lain masuk ke komputer

Dan salah satu disto linux yang paling populer adalah Ubuntu. Kenapa Ubuntu? Karena Ubuntu dikembangkan dibawah naungan perusahaan Canonical bersama dengan komunitas Ubuntu. Hal inilah yang menjadikan Ubuntu menjadi salah satu distro linux yang paling solid dan paling banyak digunakan ketimbang distro lain.

Sudah banyak sekali distro Linux yang dikembangkan dari base Ubuntu. Mulai dari Ubuntu Budgie, Xubuntu, Lubuntu, Kubuntu, Linux Mint, Pear OS dan banyak masih lagi.

Pada tutorial ini kami akan memberikan cara untuk instal Linux Ubuntu agar dual boot dengan Windows 10. Cara ini bisa kamu gunakan pada PC dengan sistem UEFI.

Disini kami tidak menyarankan menggunakan EasyBCD. Karena pada beberapa kasus EasyBCD menimbulkan beberapa masalah pada PC tipe baru dengan sistem UEFI. Untuk itu kami memilih menggunakan metode penginstalan standar.

Material

  1. Flashdisk kosong kapasitas minimal 4GB.
  2. Kapasitas hardisk tersedia minimal 50GB.
  3. Apps Rufus, jika belum punya silakan download dari akeo.
  4. File ISO Ubuntu terbaru, download dari ubuntu website.

Cara instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI

Sebelum itu terlebih dahulu siapkan flashdisk dan buat installer Ubuntu di flashdisk menggunakan rufus. Jika kamu belum tahu cara melakukannya ikuti link berikut untuk membuat flashdisk bootable menggunakan rufus.

BACA JUGA:  Membuat Installer Windows di USB Flashdisk Menggunakan Rufus

Setelah itu pastikan dulu hardisk dan partisi tidak sesak dan tersedia kapasitas yang cukup di Windows. Kami sarankan ada sekitar 50GB disk tersedia. Jika kamu sudah yakin dengan kapasitas yang ada silakan buat partisi di Windows menggunakan Disk Management. Atau bisa melakukan partisi saat penginstalan berlangsung.

Pada Ubuntu dan Linux lain menggunakan 3 partisi yaitu sistem, swap dan Storage. Rekomendasi untuk ukuran partisi adalah sistem minimal 10GB, Swap minimal 8GB dan storage minimal 30GB.

Setup untuk BIOS

  1. Matikan komputer dan boot ke BIOS Options.
  2. Matikan Secure Boot.
  3. Matikan PC dan pergi ke Boot Options Menu.
  4. Pada beberapa PC menyediakan One Key recovery untuk menampilkan opsi recovery
  5. dengan hanya menekan tombol khusus. Namun jika tidak ada bisa menekan tombol antara F10 hingga F12. Tergantung ketentuan yang ada.

Langkah Instal Ubuntu di PC

Setelah berhasil boot dari Flashdisk pilih akan tampil GRUB loader. Pilih saja Try Ubuntu first.

  1. Tunggu sebentar hingga Ubuntu Desktop tampil. Disini kamu bisa mencoba semua fitur Ubuntu sebelum menginstal.instal Linux Ubuntu Dual Boot Dengan Windows 10 UEFI
  2. Jika dirasa cukup kamu bisa memilih icon install ubuntu untuk melakukan instalasi.
  3. Kemudian pilih bahasa default untuk ubuntu dan klik continue.
  4. Jika kamu punya akses internet gunakan saja. Ini bertujuan untuk melakukan update selama proses penginstalan. Tapi jika kamu tidak mempunyai akses internet kamu bisa memilih I don’t want to connect to a wi-fi network right now. Klik continue.
  5. Selanjutnya ada pilihan unuk mendownload plugin dan melakukan Ubuntu update. Jika sebelumnya kamu tidak menggunakan jaringan, opsi Download updates tidak akan tersedia.
  6. Di langkah selanjutnya, adalah membuat partisi untuk digunakan Ubuntu. Tentukan partisi mana yang akan kamu gunakan. Disini saya menggunakan /dev/sda6 untuk membuat partisi baru. Karena pada sda4 adalah file sistem Windows. Kamu bisa mengetahunya dari ukuran disk yang ada dan dari urutan nomor partisi.
  7. Setelah itu tekan tombol [+], kemudian pertama buat partisi root untuk system. Ketik ukuran partisi yang diinginkan dan pada use as pilih Ext4 journal file system.
  8. Pada mount as ketik / yang berarti sebagai partisi root.
  9. Kemudian buat lagi satu partisi dengan ukuran yang lebih besar dan mount point ketik /home yang berarti sebagai partisi home atau partisi penyimpanan data dan file pribadi.
  10. Yang terakhir buat partisi lagi dengan ukuran yang lebih kecil dan pada use as pilih swap area.
  11. Setelah semua partisi terbuat pilih Instal now. Jika muncul notice berikut pastikan dulu apakah semua partisi sesuai dengan yang kamu buat. Jika tidak ada masalah pilih continue.
  12. Mulai dari sini penginstalan dimulai. Sambil melakukan instalasi atur lokasi kamu saat ini. Ini akan otomatis menyesuaikan waktu, timezone dan konfigurasi sistem.
  13. Kemudian pilih keyboard default untuk Indonesia adalah English US kemudian continue.
  14. Dan tahap terakhir adalah Input semua data pribadi seperti Nama pemilik, Nama komputer, username, dan password untuk login ke desktop. Dan klik continue lalu tunggu hingga proses instalasi selesai.
  15. Setelah proses instalasi selesai silakan lakukan restart PC.
BACA JUGA:  Cara melegakan Hardisk yang sesak setelah upgrade Windows

Saat sebelum booting, secara otomatis akan tampil GRUB loader menggantikan Bootloader windows. Jika kamu ingin boot menggunakan Windows kamu bisa memilih Windows Boot Manager. Jika kamu ingin melanjutkan ke Ubuntu kamu tinggal tekan enter untuk langsung melakukan boot to Ubuntu.

Dan Welcome Ubuntu. Kamu berhasil melakukan dual boot Ubuntu dengan Windows 10.

Tampilan Amarok MP3 Player di Ubuntu 17.04
Tampilan Ubuntu Unity Menu
Tampilan Terminal Ubuntu Bash

Kesimpulan

Perbedaan antara Ubuntu dan Windows cukup mencolok ya gaes, terutama dari segi performa Windows tampaknya sedikit dipecundangi Ubuntu. Scroll yang terasa smooth walaupun tidak mendukung penuh precision touchpad tapi cukup smooth kok. Dan satu lagi saat bermain game dari Steam tampaknya sedikit lebih smooth dari Windows.

Sudahkah kamu mencoba Ubuntu? Bagaimana perbedaanya dengan Windows 10? Share pengalamanmu disini ya gaes!

Dari Sponsor
  • Adhi Romiagusta

    Tks mas berhasil, saya coba pakai Rufussetting BIOS sesuai petunjuk.