Asus Zenbook 3 review : Ultrabook kelas bisnis berdesain mewah

0
Layar Zenbook 3 terkesan glossy - engadget.com

Macbook Pro telah dikeluarkan sebulan yang lalu namun pesona yang ditawarkan sungguh luar biasa. Desain yang sangat indah, tipis dan powerfull turut menjadi poin utama daya tarik dari Macbook. Namun dengan absennya port-port penting yang harusnya ada pada sebuah notebook. Macbook akan cukup membuat kamu ribet dengan beragam dongle yang wajib kamu bawa kemanapun.

Ya kita tahu sendiri jika Macbook Pro hanya menyematkan satu Port yaitu Port USB Type-C disamping kiri bezel. Memang secara desain Macbook Pro terlihat begitu simpel dan mewah, namun karena absennya port-port yang ada akan membuat kamu ribet sendiri.

Ya walaupun Macbook adalah produk yang tidak bisa dikatakan ideal, namun tetap saja desain yang ditawarkan membuat vendor lain kepincut untuk membuat tandingan Macbook Pro. Dan salah satunya adalah ASUS. Dengan menghadirkan Zenbook 3 andalannya.

ASUS mengklaim jika Zenbook 3 memiliki desain yang lebih tipis dan lebih kecil dari Macbook Pro. Ketebalannya sendiri hanya 11.9mm dan dengan bobot yang hanya 900 gram. ASUS memang terkesan sangat berani dalam mengambil desain untuk produknya. Hal ini juga bisa dilihat dibeberapa lini produk notebook premium yang dikeluarkannya. Namun di Zenbook 3 ini memang benar-benar sangat mirip dengan Macbook Pro, hal inilah yang menjadi langka. Karena sebelumnya ASUS terkenal selalu membuat desain sendiri yang sering membuat pesaing meniru desain miliknya.

 

DESAIN BERBALUT KEMEWAHAN

Gambar – pcadvisor.co.uk

Menilik desain Zenbook 3 yang nyaris mirip dengan Macbook Pro tentu ada beberapa perbedaan yang menurut saya sendiri Zenbook 3 masih lebih baik ketimbang Macbook. Perbedaan tersebut bisa kita lihat sepintas dari bezel yang melingkari layar dan terlihat lebih menawan.

Layar Zenbook 3 dilindungi Gorilla Glass 4 namun proteksi itu membuat tampak glossy di bawah matahari

Secara desain memang tidak perlu diragukan lagi. Dengan mengadopsi desain dari Macbook Pro, Zenbook 3 terlihat sangat cantik dipandang dari sudut manapun. Body dari Zenbook 3 sendiri memakai bahan metal aerospace-grade alloy yang diklaim 50% lebih kuat dari bahan metal biasa. Dan hal ini juga yang membuat Zenbook 3 terlihat lebih mewah.

Pada sektor layar yang dibawa. Zenbook dibekali dengan resolusi layar FullHD yang dikemas dalam layar berukuran 12.5″. Selain itu ASUS juga mengklaim layar yang dibawa Zenbook 3 lebih baik dari seri Zenbook sebelumnya. Layar yang di usung mempunyai range 72% NTSC color gamut dan untuk warnanya sendiri mempunyai perbandingan 1000:1 dengan warna TV biasa. Tidak hanya itu saja, Zenbook 3 juga dibekali teknologi ASUS splendid dan Tru2life technology. Technology ini memungkinkan warna yang dihasilkan lebih akurat dan video yang diputar akan 200% lebih tajam.

Layar Zenbook 3 terkesan glossy – engadget.com

Dan jika kalian tanya apa layar yang dibawa Zenbook 3 lebih baik dari Macbook Pro? Saya langsung jawab Ya dan juga Tidak. Kenapa?
Layar yang diusung oleh Zenbook 3 merupakan layar dengan kualitas yang sangat baik. Warnanya sangat cerah dan tajam.

Kita juga bisa melihat konten dengan jelas dari sudut ke sudut walaupun dengan angle 178′. Dan ini adalah kemampuan terbaik dari sebuah notebook. Namun untuk resolusi yang diusung masih begitu kecil, walaupun disisi lain layar FullHD sudah lebih dari cukup.

Macbook pro mempunyai resolusi 1,5 kali lebih besar ketimbang Zenbook 3. Namun untuk ketajaman warna Zenbook jauh lebih unggul.Dan yang menjadi poin penting Zenbook 3 ini adalah layarnya yang sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 4. Lapisannya sendiri merata dari sudut ke sudut sehingga memberikan kesan yang lebih bersih dan lebih kokoh.

 

LEBIH PRODUKTIF, LEBIH POWERFULL

Perbandingan Asus Zenbook 3 dengan merk lain – pcworld.com

Sektor dapur-pacu adalah hal terpenting dalam sebuah notebook. Meneruskan suksesor Zenbook sebelumnya, kini ia di tenagai dengan dapur pacu yang lebih powerfull. Zenbook 3 mengusung processor Intel Core i7 generasi ke-6 dengan kecepatan hinggaa 3.1 GHz dan Memory sebesar 16 GB dengan kecepatan 2133 MHz, yang akan membuat pekerjaan mu semakin cepat. Untuk menunjang kebutuhanmu sehari-hari Zenbook 3 dibekali dengan penyimpanan SSD hingga 1TB.

Namun disisi lain kita tidak bisa berharap banyak pada sisi grafis. Ya, Zenbook 3 hanya dibekali Integrated GPU Intel HD 520. Tapi jangan salah sangka dulu, Intel HD 520 ini memiliki performa setara dengan GPU discrete terbaru saat ini. Dalam video demo ini menunjukkan bagaimana Intel HD 520 atau yang lebih dikenal sebagai Intel Iris ini dapat menjalankan game berat dengan begitu lancar.

Karena begitu tipis konektorpun dipangkas dalam USB Type-C – engadget.com

Ya 3 tahun silam Intel sadar bahwa kebutuhan grafis menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi penggunanya. Oleh karena itu mereka terus mendesain GPU yang lebih powerfull dan lebih hemat daya ketimbang Intel HD kebanyakan. Tapi kita tidak bisa mengandalkan Intel Iris saja, apalagi untuk masalah 3D modelling yang sejatinya membutuhkan GPU yang lebih powerfull. Namun berkat adanya USB Type-C versi 3.1 kita dapat tertolong dengan adanya VGA external. Ya, kita bisa lebih leluasa dalam melakukan pekerjaan ataupun bermain game.

 

KINERJA OPTIMAL DAYA TAHAN MAKSIMAL

Asus Zenbook 3 UX390UA
Layar 12.5 inch 1920 x 1280 px, IPS dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 4
Prosesor Intel Core i7-7500U Kaby Lake, boost up to 3.1 GHz
Video Intel HD 620
Memori 16 GB onboard LPDDR3 2133 MHz
Penyimpanan 512GB NVMe SSD / 1TB NVME SSD
Konektifitas Wireless card Intel AC 8260, Bluetooth 4.1
Port 1x USB Type-C, Headphone jack
Baterai 40 Wh tahan hingga 9 jam, fast charging 60% @49m charge
Sistem Operasi Windows 10 Pro.
Dimensi 296 mm x 191 mm x 11.9 mm
Berat 910 g
Tambahan Backlit keyboard, Fingerprint sensor

Semakin cepat processor yang diusung tentu saja panas yang dihasilkan semakin besar. Namun jika kita menilik desain Zenbook 3 yang begitu tipis, saya boleh bilang ASUS terlalu berani. Namun pihak ASUS sendiri telah menerapkan sistem pending terbaru yang disebut lebih tipis namun lebih optimal dalam mengeluarkan panas. Mereka menyebutnya liquid crystal polymer yang hanya memiliki ketebalan 0.3 mm. Dan untuk pipa pengalir panas yang mereka bawa Cuma setebal 0.1 mm. Secara keseluruhan sistem pembuang panas yang mereka terapkan hanya mempunyai ketebalan 3mm. Begitu tipis namun sangat optimal.

Processor Intel Core i7 generasi baru membuat laptop lebih kencang dan daya efisien

Begitu juga dengan daya tahan baterai yang bisa tahan lebih lama. Zenbook 3 dibekali baterai lithium-polymer battery dengan daya sebesar 40Wh dan dapat bertahan hingga 9 Jam. ASUS juga menerapkan sistem fast charging yang ditawarkan melalui konektor USB type-C 3.1. Dengan melakukan pengisian selama 49 menit kamu bisa mendapatkan daya baterai sekitar 60%.

Dengan begitu untuk keperluan menonton film ataupun multimedia, kalian tidak perlu khawatir dengan daya baterai Zenbook 3. Berbicara soal multimedia, Zenbook 3 ini sudah dibekali 4 buah magnetic speaker kualitas super dari Harman Kardon Technology. Selain itu untuk memantabkan suara yang dikeluarkan ASUS juga telah membenamkan teknologi Audio miliknya ASUS sonic master audio. Dengan begitu baik meonton film, bermain game atau mendengarkkan lagu akan lebih mantab dan nyaman.

 

BEKERJA NYAMAN KEAMANAN PINTAR

Backlit keyboard memudahkan mengetik saat cahaya minim – unlocked.newegg.com

Zenbook 3 diisi dengan seluruh pengalaman ASUS di dunia komputing. Karena itu sektor keyboard yang ada juga sangat diperhatikan dengan baik. ASUS tidak membekali Zenbook 3 dengan mechanical keyboard melainkan dengan keyboard buatan mereka yang lebih tipis dan lebih nyaman. Keyboard yang digunakan termasuk jenis Backlit keyboard yang dapat menyala. Ini akan memudahkan kamu dalam mengetik diruangan gelap.

Touchpad yang diusung ASUS memiliki ukuran 1,5 kali lebih luas dari touchpad pada umumnya. Touchpad yang mereka gunakan mempunyai presisi yang lebih akurat dan sudah mendukung smart gesture dan hand writing. Dan yang menjadi perhatian adalah adanya fingerprint sensor yang terletak di pojok kanan atas touchpad.

Berhati-hatilah saat menggunakan touchpad, posisi fingerprint sensor yang terdapat didalam area touchpad terasa cukup mengganggu apabila sedang melakukan transaksi.

Fingerprint yang ada sudah mendukung Windows Hello, sehingga proses login ataupun melakukan transaksi bakalan lebih mudah. Namun yang menjadi perhitungan saya adalah letaknya yang ada didalam touchpad yang tentunya aan cukup menganggu dalam penggunaan. Belum lagi jika jari kita sedang basah atau berkeringat tentunya ini akan mempengaruhi kinerja fingerprint sendiri.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah letak tombol power yang ada didalam area keyboard berdampingan dengan tombol delete dan ada di atas tombol backspace persis. Jika kita tidak jeli saat menekan tombol delete maka terjadi adalah tidak sengaja menekan tombol power. Walaupun memang hanya mengunci ke lockscreen tetap saja hal ini bisa mengganggu jika kita tidak sengaja menekannya.

Dari Sponsor
TINJAUAN IKHTISAR
Desain
Kinerja
Display
User Experience
Berita sebelumyaIni Dia Cara Menyimpan Lagu Spotify Tanpa Akun Premium Tanpa Ribet
Berita berikutnyaCara Mengaktifkan Mode Malam di Windows 10 Creator Update
Windows enthusiast, Tech Consultant, Seasonal Gamer. Selalu mencari hal baru dan menyukai tantangan. Konsultasi atau pertanyaan seputar Windows, PC dan Games silakan mention Twitter @geprakoso. Atau tanyakan langsung ke Telegram @geprakoso.
BAGIKAN