9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

0
cara kembali ke versi windows sebelumnya

Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows. Ada beberapa alasan yang mendasari kamu untuk instal ulang laptop kamu. Yang pertama kemungkinan Windows kamu bajakan dan sering sekali bermasalah karena tidak bisa mendapatkan update terbaru dari Windows Update. Yang kedua adalah setelah upgrade komputer malah jadi lemot dan kamu memutuskan untuk melakukan reset Windows kamu.

Jika kamu sudah menginstal ulang atau reset Windows kamu, tentunya semua program yang awalnya sudah banyak terinstal jadi hilang dan yang ada hanya beberapa program bawaan Windows saja. Sedangkan kita juga membutuhkan beragam program untuk menunjang pekerjaan kita.

Baca juga: Cara mendongkrak GPU laptop agar lancar main game berat

Inilah 9 hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10.

8 hal ini wajib dan harus kamu lakukan sesaat setelah kamu selesai instal ulang Windows kamu. Apa aja itu?

1. Lakukan Update Windows

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Yang pertama adalah kamu harus melakukan update windows, ini sangat penting dan wajib dilakukan. Karena versi Windows yang kamu gunakan untuk instal bisa saja merupakan versi lama yang mungkin masih berisi banyak bug yang belum di fixing. Melakukan update bukan hanya untuk mendapatkan fitur baru. Namun juga untuk mendapatkan update keamanan dari setiap bug dan celah yang ada di versi sebelumnya.

Selain itu juga update Windows juga memastikan kinerja PC kamu tetap optimal. Karena setiap update yang baru dilakukan setelah instal ulang. Pasti akan membawa update driver juga. Dengan itu kamu tidak perlu pusing-pusing untuk mencari driver yang kompatibel dengan hardware kamu.

2. Pasang Driver

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Loh, kenapa harus pasang driver juga? Kan driver sudah otomatis terinstal lewat Windows Update. Benar juga sih y, tapi tahukah kamu. Jika driver yang ditawarkan melalui Windows Update tidak selamanya berjalan dengan baik.

Driver yang dikirim melalui Windows Update bukanlah driver yang sudah di test langsung untuk model PC kamu. Karena Microsoft hanya melakukan sertifikasi berdasarkan hardware yang ada. So alangkah baiknya bagi kamu untuk mendownload driver langsung dari website manufaktur PC kamu. Karena mereka sudah pasti melakukan test driver terlebih dahulu untuk model PC kamu.

3. Update Database Antivirus

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Ini termasuk hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows. Mengapa demikian? Setelah instal ulang PC rentan terkena serangan malware, karena saat kondisi itu PC kemungkinan terdapat bug dan celah keamanan yang masih terbuka lebar. Untuk itu mengupdate database antivirus adalah hal yang wajib kamu lakukan setelah instal ulang.

Pada versi Windows 10 ini kamu sudah tidak perlu lagi memasang Antivirus pihak ketiga. Karena Windows 10 sudah aman terlindungi dengan Windows Defender. Antivirus bawaan ini sudah terbukti ampuh dalam menangani malware dan virus yang ada. Bahkan saya sendiri sudah menggunakan Windows Defender sebagai antivirus utama dan satu-satunya.

Defender sudah terbukti sangat agresif dalam mendeteksi virus dan malware. Selain itu juga Defender sangat ringan bagi PC karena memang sudah menjadi bagian dari System Windows 10.

4. Login dengan Live Account (Outlook)

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Seperti kebanyakan OS saat ini yang mewajibkan kamu untuk log in untuk menikmati beberapa fitur yang ada. Seperti Windows Store dan Outlook membutuhkan login agar dapat mengaksesnya.

Selain itu keuntungan log in dengan Live Account atau Outlook account adalah, kamu bisa sedikit santai jika sewaktu-waktu PC bermasalah lagi. Dengan fitur sinkron memungkinkan PC kamu akan secara otomatis mencadangkan setiap data penggunaan ke server Microsoft.

5. Pasang Program Office

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Yang ini hampir semuanya membutuhkan program office, apalagi jika bukan untuk kegiatan kantor. Untuk menunjang aktifitas kerjaanmu yang kamu butuhkan adalah menginstal program office.

Namun pasti yang akan kamu instal adalah Microsoft office kan? Tapi sebenarnya program tersebut berbayar dan terhitung mahal. Saya sarankan untuk tidak menginstal versi crack dari Office. Lebih baik menggunakan Office gratisan seperti Libre Office yang juga powerful untuk menggantikan program bajakan kamu.

6. Pasang Program Media Player

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Di Windows 10 terdapat Groove yang powerful untuk memutar musik kamu dan Movies & TV untuk memutar video. Namun untuk Movies & TV masih mempunyai banyak kekurangan. Walaupun sudah mendukung format .MKV tapi masih sering mengalami masalah saat pemutara.

Sebagai alternatif kamu bisa menginstal Pot Player, VLC ataupun K-Lite Codec dengan MPC untuk memutar video koleksimu. Namun jika membandingkan Movies & TV dengan program pihak ketiga sepertinnya Movies & TV masih unggul dalam hal gambar video yang lebih jernih dan tajam. Untuk Groove music juga lebih ringan, powerful dan tampiampilan yang bagus.

7. Pasang Browser Favorit

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Yang ini boleh dipasang boleh tidak. Tapi dari 10 orang yang saya tanya 9 orang bilang akan menginstal browser setelah mereka instal ulang PC. Hal ini lantaran karena kebiasaan mereka sebelumnya. Jika orang sudah nyaman dengan browser Firefox misalnya maka mereka akan tetap menginstalnya walaupun sudah ada banyak browser di Pc nya. Begitu juga dengan yang lainnya maka mereka akan melakukan hal yang sama.

Di Windows 10 sudah terdapat browser bawaan yaitu Edge yang menggantikan IE sebagai browser utamanya. Namun untuk ketersediaan ekstensi Edge masih kalah jauh jika dibandingkan Chrome dan Firefox. Oleh karena itu browser-browser lain juga beralih menggunakan Chromium Engine sebagai mesin utama browser mereka, karena alasan ketersediaan ekstensi.

Namun itu terserah kamu sih. Jika kamu orang yang simpel ataupun fanatik pasti akan lebih memilih Edge ketimbang browser lain. Seperti pengguna Mac yang lebih memilih Safari ketimbang browser lain.

8. Pasang Program Penunjang

Seperti apa contohnya program penunjang itu? Jawabannya bervariasi tergantung dari pekerjaan penggunanya. Seperti seorang Illustrator pasti akan langsung menginstal Adobe Photoshop ataupun Corel Painter. Seorang programmer yang langsung menginstal Visual Studio dan Xamarin. Semuanya tergantung dari profesi masing-masing.

Namun satu program penunjang yang mugkin perlu diinstal pada PC adalah program utility. Seperti Ccleaner, Wise Uninstaller, Cleanmem, 7z ataupun program lain yang mungkin dibutuhkan.

9. Buat System Image Backup

9 Hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10

Hal ini mungkin tidaklah perlu namun pada suatu saat mungkin akan sangat bermanfaat jika Pc kamu mengalami masalah. Buatlah backup System Image untuk berjaga-jaga. Kamu bisa menaruhnya dalam DVD dan simpan dengan aman. Jika suatu saat butuh kamu tinggal memperbaikinya melalui Disk Image tersebut.

Baca juga: Cara mudah simpan lagu spotify ke hardsik kamu tanpa akun premium

Tarikan Kesimpulan

Dari semua hal diatas kemungkinan tidak semuanya kamu butuhkan. Mungkin hanya beberapa dari hal tersebut yang kamu butuhkan atau mungkin juga tidak. Semuanya tergantung dari kamu sendiri.

Sejak era Windows 10 sepertiny orang sudah mulai sadar jika menggunakan OS bajakan hanya akan memperburuk keadaan dan membuat mereka menginstal ulang tiap kali ada masalah. Tentunya ini akan membuat kita repot sendiri, tiap kali PC bermasalah jurus andalan adalah instal ulang dan harus melakukan kesembilan hal diatas.

Itulah dia 9 hal penting yang harus dilakukan setelah instal ulang windows 10. Semoga artikel kali ini bermanfaat.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu punya masalah? Coba tanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Dari Sponsor