7 cara dongkrak Grafis Game AAA di Laptop Kamu

0
laptop

Duh gak terasa udah tahun 2017, dan game PC lama kelamaan makin bagus tapi juga makin berat. Kok laptop buat main game berat? Apa gak sayang sama laptopnya? Nyatanya data yang sudah dirilis di Steam sebagian besar gamer di Steam bermain menggunakan processor Intel bertipe U. Tau sendiri kan jika embel-embel U pada processor Intel menandakan itu merupakan processor laptop!

Ya cukup mengejutkan memang. Banyak sekali laptop sekarang yang mempunyai GPU yang cukup mumpuni untuk bermain game. Bahkan laptop seharga 5 jutapun sudah dapat mencicipi manisnya game GTA V dengan cukup lancar. Asal kamu tahu jika laptop seharga 5 jutaan bukanlah laptop yang didesain untuk gaming. Namun spesifikasinya sudah cukup untuk bermain game.

Namun tidak semua game bisa berjalan dengan lancar di Laptop seharga 5 jutaan. Laptop keluaran tahun 2014 misalnya akan sanggup memainkan game tahun 2014 dengan lancar. Namun untuk game 2015 harus sedikit kompromi dengan kualitas grafis. Dan untuk game tahun tahun 2016 jangan berharap bisa berjalan lancar Ya.

Jangan ketinggalan juga dengan Game 2013 dengan grafis aduhai yang pantas dimainkan tahun ini

Agar bisa menjalankan game terbaru kamu harus punya laptop keluaran terbaru juga. Tapi tidak usah khawatir dengan hal itu. Disini saya mencoba membagikan tips untuk menjalankan game terbaru dengan lancar.

 

GUNAKAN GPU DISCRETE

discrete gpu laptop

Laptop sekarang biasanya mempunyai dual-GPU yang sudah tersemat didalamnya seperti Nvidia ataupun Radeon. Jika processor yang digunakan adalah Intel, maka Intel HD sudah tersemat didalam Processornya. Namun Intel HD tidaklah baik jika digunakan untuk merender grafis game. Oleh sebab itu menggunakan discrete grafis dapat mendongkrak frame dalam game secara signifikan.

 

KOMPROMI DENGAN GRAFIS

graphic adjustment laptop

Namanya juga bukan laptop gaming, jadi kamu perlu berkompromi dengan kualitas grafis yang ada. Walaupun secara spesifikasi laptop mu sudah mumpuni, tapi secara hardware laptopmu bukanlah didesain untuk gaming. Jadi mau tidak mau harus merubah settingan grafis ke Low atau jika ada yang very low ubah saja. Mengatur grafis ke kualitas terendah dapat meningkatkan frame per detik walaupun frame yang dihasilkan berbeda tipis. Biasanya yang berperan sebagai sumber lag adalah shadow, antialiasing dan Post processing.

 

PILIH DRIVER YANG PALING COCOK

Tidak semua driver versi terbaru bisa berjalan baik pada hardware kamu. Jika sebelumnya kamu sudah mencoba driver yang bisa berjalan baik di laptopmu, tapi setelah di update game yang biasanya lancar terasa agak tersendat. Maka lebih baik kembalkan saja ke driver sebelumnya.

 

BEREKSPERIMEN DENGAN PANEL GPU

panel gpu laptop

Alangkah baiknya jika sesekali kamu menyesuaikan pengaturan grafis yang ada ada panel GPU kalian. Memang pengaturan grafis bisa langsung diatur di dalam Gamenya sendiri. Namun tidak semua game grafisnya bisa diatur  dengan baik. Beberapa developer membatasi pengaturan grafis untuk meningkatkan experience pemainnya. Namun kabar buruknya beberapa laptop low end gaming tidak bisa bermain lancar dengan pengaturan default gamenya. Gunanya mengatur grafis langsung dari panel adalah untuk memaksa grafis menggunakan pengaturan langsung dari GPU.

 

BUAT RESOLUSI BARU

custom resolution laptop

Jika processor kalian adalah Intel, maka selamat kamu sudah bisa menjalankan game dengan lancar. Pada seri Intel Core, pihak Intel sudah menyematkan fitur custom resolution yang berfungsi untuk membuat resolusi baru pada layar kita. Secara default resolusi standart laptop 14″ adalah

  • 1366 x 768
  • 1360 x 768
  • 1280 x 768
  • 1280 x 720
  • 1280 x 600 dan 1024 x 768

Dan lewat fitur Intel Custom Resolusion, saya bisa menambahkan resolusi baru seperti,

  • 1104 x 620
  • 1024 x 576 atau 1160 x 652 dll

Aturannya adalah resolusi yang kamu masukkan harus standart dengan rasio layar kamu yang ada. Umumnya laptop layar lebar mempunyai ratio 16:9. Namun tenang saja, Intel menyediakan bantuan untuk mempermudah pembuatan resolusi baru.

TAMBAH KAPASITAS RAM

RAM laptop

Di tahun ini RAM 4 Giga tidaklah cukup untuk keperluan gaming. Gaming kelas AAA saat ini mematok minimal 6 GB RAM yang digunakan untuk game. Mungkin GTA V pada awalnya berjalan baik pada RAM 4 GB. Namun setelah beberapa menit akan terjadi freeze. Itu karena RAM yang ada sudah sesak karena sudah dibagi untuk sistem dan Game itu sendiri. Lebih baik Laptop untuk gaming mempunyai RAM setidaknya 8 GB untuk berjaga-jaga. 2 keping lebih baik ketimbang 1 keping.

 

BOOST DENGAN VGA EXTERNAL (DESKTOP)

gpu external laptop

Tahu tidak jika laptop tua sekalipun dapat menjalankan game berat kelas AAA. Hal ini dengan sedikit trik dengan mengekspannya dengan VGA Eksternal. Caranya cukup mudah tempatkan VGA card pada port yang dihubungkan dengan kabel PCIe yang pada laptop. Satu-satunya PCIe port pada motherboard laptop adalah pada Wifi Card. Jadi saat menggunakan VGA eksternal kalian tidak bisa menggunakan Wifi dan harus menggunakan Wifi eksternal. Ditambah lagi VGA eksternal tidak akan berpengaruh pada layar laptop dan harus dioutput ke Layar monitor.

Memang perlu budget lebih untuk merealisasikannya, namun hasilnya sangat luar biasa. Semakin baik VGA card yang kamu gunakan, Frame yang dicapai juga fantastis.

Dari Sponsor